Notification

×

Iklan

Powered By Blogger

Indeks Berita

Pengusaha Wanita Berskala Kecil Butuh Bantuan Modal Usaha

Selasa, 25 September 2018 | September 25, 2018 WIB Last Updated 2018-09-25T10:32:35Z
Padang Info.Com - PADANG - Pengusaha yang tergabung dalam Ikatan Wanita Pengusaha Indonesia (IWAPI) Sumatera Barat yang berskala kecil butuh modal usaha dari pemerintah. Bantuan dana maupun alat-alat kerja itu diperlukan untuk meningkatkan kualitas produk di daerah globalisasi ini.

Inilah salah pokok-pokok pikiran  IWAPI Sumbar dalam  Rakernas IWAPI yang diselenggarakan di Padang, 8-10 Oktober mendatang. Sumbar selaku tuan rumah Rakernas telah mempersiapkan agenda kegiatan, termasuk akomodasi sekitar 1.200 peserta dari 32 Provinsi.

Emma Yohana, Ketua IWAPI Sumbar dalam keterangan pers, di Padang, Selasa (25/9) mengatakan, pihaknya merasa tersanjung ketika dipercaya IWAPI Pusat selaku tuan rumah rakernas ke-28 di Padang. Sebelumnya, tahun 2016, IWAPI Sumbar telah mengajukan permohonan sebagai tuan rumah  namun baru terwujud sebagai tuan rumah tahun 2018.

Menurut Emma Yohana yang juga anggota DPD-RI dapil Sumbar itu , agenda rakernas akan mengevaluasi program yang sedang berjalan dan program kerja ke depan. Dalam rakernas nanti, IWAPI Sumbar akan mengusulkan  program peningkatkan manajemen usaha bagi pengusaha skala kecil, termasuk bantuan modal usaha dari pemerintah, terutama kementerian terkait.

Selama 3 hari rakernas, tambah Emmna Yohana, para peserta diperkaya  dengan berbagai seminar terkait dengan dunia usaha di era global yang menampilkan narasumner dari kementerian terkait, KADIN dan para pelaku bisnis yang sukses. Selain seminar, para peserta dari 32 provinsi dianjurkan membawa produk-produk UKM mereka yang di pamerkan selama rakernas berlansung di Inna Muara Hotel Padang.


"Potensi-potensi seperti ini yang akan kita coba untuk memberikan keyakinan kepada sesama anggota IWAPI sehingga usaha yang digarap UKM selama ini bisa dikembangkan dalam skala lebih besar lagi. Pameran ini harus menjadi perhatian pemerintah agar pegusaha skala kecil dapat berkembangf menjadi besar," ujarnya.

Emma Yohana yang didampingi panitia Rakarnas  berupaya meyakinkan sesama anggota IWAPI yang datang tentang berbagai potensi investasi yang bisa digarap di daerah ini. Potensi perekonomian dalam bentuk Usaha Kecil dan Menengah (UKM) sangat layak untuk digarap dalam skala besar oleh para pengusaha perempuan yang bermodal besar dan memiliki jaringan luas.

Ia berharap, Rakernas ini membutuh dukungan pemerintah, pengusaha dan pelaku dunia usaha lainnya. Karena rakernas yang diikuti 1.200 peserta itu akan memberi semangat baru bagi pengusaha kecil di Sumatera Barat. (mp)
 

Tag Terpopuler

×
Berita Terbaru Update