--> Kota Sawahlunto Dinyatakan Bebas Malaria, Kementerian Kesehatan Anugerahkan Sertifikat Eliminasi Malaria | Padang Info |

Kota Sawahlunto Dinyatakan Bebas Malaria, Kementerian Kesehatan Anugerahkan Sertifikat Eliminasi Malaria

Menteri Kesehatan RI, Terawan Agus Putranto kepada Walikota Sawahlunto Deri Asta, Rabu (dok)   SAWAHLUNTO - PadangInfo.com Kota Sawahl...

Menteri Kesehatan RI, Terawan Agus Putranto kepada Walikota Sawahlunto Deri Asta, Rabu (dok) 
SAWAHLUNTO - PadangInfo.com Kota Sawahlunto menerima sertifikat eliminasi malaria dari Kementerian Kesehatan RI. Sertifikat. Ini menunjukkan bahwa berdasarkan pemeriksaan tim terkait, Sawahlunto sudah terbebas dari malaria.

Sertifikat eliminasi malaria diserahkan oleh Menteri Kesehatan RI, Terawan Agus Putranto kepada Walikota Sawahlunto Deri Asta, Rabu 19 Februari 2020 di Jakarta International Expo Convention Center (JICC) Kemayoran, Jakarta.


Sebelum menyerahkan sertifikat itu, Menkes Terawan Agus Putranto mengapreasiasi pemerintah kabupaten/kota yang telah berhasil membebaskan daerahnya dari malaria. Hal ini, kata Terawan mencerminkan komitmen pemerintah daerah itu dalam menjaga kesehatan warganya.

Hasil pemeriksaan tim dari Kemenkes RI yang menyatakan bahwa di Sawahlunto terbebas dari nyamuk yang membawa plasmodium malaria.

Deri Asta yang dihubungi lewat telpon, menyatakan bersyukur dan Pemko melalui Dinas Kesehatan akan mempertahankan pencapaian tersebut. Sehingga, setelah menerima sertifikat ini kata Walikota jangan lengah dan menganggap ke depan Sawahlunto akan terus bebas malaria.

“Untuk yang sudah ini Alhamdulillah sudah bebas, bonusnya kita diganjar dengan sertifikat dari Kemenkes ini. Namun yang terpenting sekarang adalah bagaimana bisa kita pertahankan. Untuk itu perlu kita jaga bersama, dibawah koordinasi dengan Dinas Kesehatan. Kita berikan apresiasi yang tinggi buat Tim  Pengendalian dan Pencegahan Penyakit ( TP2P ) yang telah berjibaku di lapangan selama ini melakukan tindakan pencegahan dan pengendalian penyakit malaria ini, "ujar Deri sembari menambahkan,  Kedepan Dinas Kesehatan melalui TP2P untuk melakukan  tindakan " Catle Barrier "  yakni program pembatasan Penyebaran nyamuk sehingga tidak lagi menggigit manusia.

Deri Asta meminta kepada Dinas Kesehatan, Pengendalian Penduduk dan KB (Dinkesdalduk – KB) Sawahlunto agar jangan sampai mengendorkan upaya – upaya dalam memberantas malaria tersebut.

Terkait pemeriksaan malaria yang dilakukan oleh Kemenkes RI, dijelaskan oleh Kepala Dinkesdalduk – KB, Yasril bahwa pemeriksaan tersebut dilakukan selama 3 tahun berturut – turut. Sawahlunto yang diperiksa selama 3 tahun ini ternyata bebas dari asmodoum, sehingga bebas dari malaria tersebut.

“Nanti akan dipantau kembali setiap tahunnya. Jika kemudian nanti ditemukan malaria, maka sertifikat eliminasi ini bisa dicabut kembali oleh Kemenkes,” sebut Yasril.

Namun, Yasril mengatakan pihaknya optimis bisa melanjutkan kinerja membebaskan Sawahlunto dari malaria dengan upaya – upaya yang akan terus ditingkatkan. Dengan pengalaman selama beberapa tahun belakangan ini menurut Yasril juga sangat membantu dalam menentukan strategi ke depannya.

Selain meningkatkan kesehatan masyarakat, juga diharapkan dengan pengakuan dari Kemenkes untuk status sebagai kota bebas malaria ini bisa turut menunjang Sawahlunto sebagai kota wisata. *(Riswan Idris)

Baca Juga

loading...
Name

50 Kota,8,agam,51,Artikel,7,bank,3,Beasiswa,12,bencana,1,birokrasi,112,bisnis,152,budaya,40,bukittinggi,72,daerah,241,dharmasraya,106,duniamaya,52,figur,4,galeri,1,head,10,headline,1689,hiburan,3,hotel,1,Hotel di Padang,1,hukrim,147,infokerja,43,infrastruktur,1,inspiratif,2,Jakarta,20,K,1,kabupaten solok,21,keamanan,1,kesehatan,216,ko,1,kota,252,kuliner,4,limapulu kota,7,limapuluhkota,1,lingkungan,38,mentawai,21,nasional,77,olahraga,37,opini,21,organisasi,4,ormas,4,padang,309,padang pariaman,47,padang. kota,1,padangpanjang,21,pariaman,60,pasaman,14,pasaman barat,11,payakumbuh,26,peduli,39,pendidikan,197,perdagangan,3,peristiwa,7,pertanian,4,pesisir selatan,79,Pilkada,103,politik,114,prestasi,2,sawahlunto,228,sijunjung,38,solok,18,solok selatan,10,tanah datar,23,terbaru,8,transportasi,61,traveling,6,ukm,5,video,3,wisata,23,
ltr
item
Padang Info : Kota Sawahlunto Dinyatakan Bebas Malaria, Kementerian Kesehatan Anugerahkan Sertifikat Eliminasi Malaria
Kota Sawahlunto Dinyatakan Bebas Malaria, Kementerian Kesehatan Anugerahkan Sertifikat Eliminasi Malaria
https://1.bp.blogspot.com/-P-U5HlqGUyY/XkzVC13-niI/AAAAAAAADSM/SeQMguHdIukwj-Q2u2oLu5hU6XpR5TBVgCLcBGAsYHQ/s320/anugrah%2B1.jpg
https://1.bp.blogspot.com/-P-U5HlqGUyY/XkzVC13-niI/AAAAAAAADSM/SeQMguHdIukwj-Q2u2oLu5hU6XpR5TBVgCLcBGAsYHQ/s72-c/anugrah%2B1.jpg
Padang Info
https://www.padanginfo.com/2020/02/kota-sawahlunto-dinyatakan-bebas.html
https://www.padanginfo.com/
https://www.padanginfo.com/
https://www.padanginfo.com/2020/02/kota-sawahlunto-dinyatakan-bebas.html
true
2338696794869057995
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS PREMIUM CONTENT IS LOCKED STEP 1: Share. STEP 2: Click the link you shared to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy