Notification

×

Iklan

Powered By Blogger

Indeks Berita

Pemko Sawahlunto Gelar OP Bawang Putih Rabu di GPK

Senin, 17 Februari 2020 | Februari 17, 2020 WIB Last Updated 2021-12-31T08:55:18Z
padanginfo.com - SAWAHLUNTO - Melambungnya harga bawang putih, Pemko Sawahlunto pun mengambil sikap. Bekerjasama dengan Dinas Ketahanan Pangan Sumbar, Dilakukan Operasi Pasar (OP). Sebanyak 1 ton bawang putih dilepas ke pasar.

Dengan OP ini harga bawang putih yang dilepas adalah Rp32.000 per kg. OP ini dilangsungkan Rabu (19/02/2020) besok di halaman Gedung Pusat Kebudayaan (GPK).

Di pasaran umum, dewasa ini harga bawang putih yang kebanyakan masih diimpor ini berkisar antara Rp60.000 hingga Rp100.000 per kg.

"OP ini dimaksudkan untuk menstabilkan harga bawang putih di pasaran. Sekaligus juga untuk memenunuhi kebutuhan masyarakat," kata Andy Rastika, MM Kabid Ketahanan Pangan Kota Sawahlunto, Senin (17/02).

Diakui Andy, seperti yang terjadi pada banyak daerah beberapa pekan belakangan, di Sawahlunto harga bawang putih juga melambung. Tercatat harga tertinggi mencapai Rp60.000 per kg.

Kenaikan harga bawang putih ini berimbas terhadap Inflasi di Sumatera Barat. Di Januari saja, inflasi di Sumbar telah mencapai 0,6 persen.

"Karena itu Pemko Sawahlunto segera mengambil tindakan. Salah satunya dengan bekerjasama dengan Dinas Ketahanan Pangan Provinsi Sumbar dalam menyediakan stok 1 ton bawang putih" ujarnya.

Dijelaskan Andy, tindakan ini sesuai dengan prosedur, ketika terjadi lonjakan harga barang mencapai 25 persen atau lebih, maka pemerintah harus segera melakukan operasi pasar, untuk menstabilkan harga. "Termasuk menyikapi kenaikan harga bawang putih sekarang ini," jelasnya.(riswan)

Tag Terpopuler

×
Berita Terbaru Update