Notification

×

Indeks Berita

Dinas Kesehatan Sawahlunto Bantah Ada Warga Positif Corona

Jumat, 20 Maret 2020 | Maret 20, 2020 WIB Last Updated 2020-03-20T07:05:42Z
Posko Tanggap Covid-19 di Sawahlunto
padanginfo.com - SAWAHLUNTO - Dinas Kesehatan Kota Sawahlunto membantah informasi yang menyebutkan bahwa ada beberapa warga Sawahlunto yang positif Corona (COVID - 19).

Namun dibenarkannya ada seorang pasien pria berusia 63 tahun yang demam dengan suhu tubuh mencapai 39 derajat celcius. Pasien tersebut sudah dibawa ke RSUP M Djamil Padang.

"Pasien dengan demam tinggi tersebut bukan berarti langsung terjangkit Corona. Sesuai protokol kesehatan penanganan Corona, pasien ini dibawa ke rumah sakit provinsi yang diberi kelengkapan peralatan untuk memeriksa apakah pasien tersebut memang benar positif Corona atau tidak," jelas Kepala Dinas Kesehatan Sawahlunto, Yasril.

Pasien demam tinggi dengan suhu tubuh 39 derajat celcius itu diketahui ternyata baru pulang dari Malaysia seminggu yang lalu. "Sehingga memang terlihat adanya potensi Corona, jadi tadi langsung kita antarkan ke Rumah Sakit M Djamil Padang," kata Yasril, Jum'at 20 Maret 2020.

Terkait kejelasan status pasien tersebut akan disampaikan pihak Pemprov Sumbar atau RSUP M Djamil. Jalurnya itu nanti, hasil pemeriksaan RS M. Djamil akan disampaikan ke Posko Pusat di Jakarta, kemudian dikirimkan kembali pada Pemerintah Provinsi (Pemprov). Sehingga yang mengumumkan nanti positif atau tidaknya itu adalah gubernur.

Sementara, Walikota Sawahlunto Deri Asta meminta masyarakat agar tetap tenang dan bersikap bijaksana dalam menyikapi beredarnya isu-isu simpang siur di media sosial. Untuk informasi resmi mengenai perkembangan Corona di Sawahlunto, dilakukan melalui satu pintu yaitu melalui Dinas Kesehatan.

"Mari tetap tenang, informasi-informasi yang tidak jelas kita harus filter dulu apakah memang kredibel atau tidak. Yang namanya informasi simpang siur kebanyakan hanya membuat kepanikan. Jadi kita harus cerdas menyikapinya," kata  Deri Asta. (hms/ris)

Tag Terpopuler

×
Berita Terbaru Update