Notification

×

Iklan

Powered By Blogger

Indeks Berita

Labor Diagnostik dan Riset FDok Unand Sudah Bisa Uji Sampel Virus Corona

Selasa, 24 Maret 2020 | Maret 24, 2020 WIB Last Updated 2020-03-24T01:54:29Z

padanginfo.com - PADANG – Laboratorium Diagnostik dan Riset Terpadu Penyakit Infeksi Fakultas Kedokteran Universitas Andalas (Unand) Padang sudah bisa dioperasikan menguji sampel Virus Corona (Covid-19). Pengujian itu akan dimulai, Selasa (24/3/2020) ini.

Dekan Fakultas Kedokteran Unand, Rika Susanti mengatakan, segala kebutuhan untuk uji sampel Covid-19 semuanya sudah dipersiapkan, baik sarana ataupun prasarana.

“Reagen juga sudah datang dari Korea Selatan. Satu uni. Bisa untuk pengujian 100 sampel," jelasnya, Senin (23/3/2020).

Namanya Polymerase Chain Reaction (PCR). Semula direncanakan peralatan ini dua unit dioperasikan Labor Unand tersebut. Jika datang satu lagi, maka bisa dipergunakan untuk 200 sampel.

Dsebutkan Rika, pihaknya juga masih menunggu sejumlah Alat Pelindung Diri (APD), yang sedang diusahakan pemerintah melalui Dinas Kesehatan (Dinkes) Sumbar.

"APD sangat penting untuk safety, demi keselamatan petugas. Insya Allah akan datang besok,” ujarnya.

Pihak Labor Unand sendiri telah menyiapkan 15 orang tenaga medis dan empat tenaga ahli soal virus. Menuruk Rika, diperlukan enam tenaga satu hari untuk uji sampel. Kalau kasusnya melonjak, mungkin kita butuh tambahan personel.

Sementara itu, Direktur Sumberdaya Manusia Rumah Sakit Umum Pusat (RSUP) dr M Djamil Padang, Dovy Djanas menyebutkan, terkait kebutuhan laboratorium untuk uji sampel Covid-19, sudah dikoordinasikan dengan Dinas Kesehatan (Dinkes) Sumbar.

"Gubernur Sumbar juga telah menginstruksikan Dinkes Sumbar untuk segera melengkapi semua kebutuhan laboratorium tersebut," jelasnya.(afr)

Tag Terpopuler

×
Berita Terbaru Update