Notification

×

Indeks Berita

Laksanakan 'Merdeka Belajar Kampus Merdeka', UNP Gandeng 15 Perusahaan

Jumat, 06 Maret 2020 | Maret 06, 2020 WIB Last Updated 2020-03-06T04:55:22Z
padanginfo.com - PADANG - Universitas Negeri Padang (UNP) jalin kerjasama dengan 15 unit usaha dan industri. Mahasiswa akan magang dan praktik di perusahaan dan industri tersebut.

Program ini merupakan salah satu pelaksanaan dari Gerakan Merdeka Belajar, Kampus Merdeka yang digagas pihak Kemendikbud beberapa waktu lalu.

Rektor UNP Ganefri bersama Direktur Jenderal Pendidikan Tinggi Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Prof Ir Nizam MSc, Ketua Senat UNP, Z Mawardi dan perwakilan dosen melauncing kegiatan tersebut Kamis (5/2).

Perusahaan itu diantaranya PT Semen Padang, PT Kunango Jantan, Grand Inna Hotel Padang, Daima Hotel, Pangeran Beach Hotel, Novotel Bukittinggi, Whitz Prime Hotel Padang, PHRI, Dinas Pariwisata Sumbar dan lain-lain.

Kerjasama ini akan mulai dilakukan pada tahun ajaran tahun 2021. "Mulai dari Juli sampai dengan Desember sehingga berdurasi selama enam bulan. Industri hanya mau enam bulan, tidak mau dua atau tiga bulan," tutur Ganefri.

Dijelaskan Ganefri, kerjasama dengan industri diperuntukkan untuk mahasiswa magang dan praktik kerja. "Bukan hanya sekedar magang namun juga terampil dengan skill yang dimilikinya. Nantinya mereka akan di tes skill nya terlebih dahulu apakah layak untuk magang di perusahaan tersebut atau tidak karena juga akan digaji."

Kerjasama dengan 15 industri dan dan dunia usaha juga dalam rangka mendukung gerakan Merdeka Belajar di UNP. Dengan adanya program ini, nantinya akan ada pilihan-pilihan bagi mahasiswa dalam mengembangkan bakat dan kemampuan diri yang dimilikiatanya saat memberikan sambutan.

"Nanti akan ada magang dan praktik. Banyak yang bisa dilakukan mahasiswa, mulai pengembangan usaha, membangun strat up bisnis dan lain-lain. Ini ada Standar Operasionalnya yang ditentukan dan memberikan kebebasan kepada mahasiswa dalam berinovasi dan berkreasi mengikuti perkembangan teknologi," jelasnya.(*)

Tag Terpopuler

×
Berita Terbaru Update