Notification

×

Indeks Berita

Perbaiki Infrastruktur Akibat Bencana, BPBD Sawahlunto Ajukan Proposal

Jumat, 13 Maret 2020 | Maret 13, 2020 WIB Last Updated 2020-03-13T10:55:07Z
padanginfo.com - SAWAHLUNTO - Dalam upaya perbaikan infrastruktur yang rusak akibat bencana, Pemko Sawahlunto melalui Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) mengajukan proposal kepada Deputi Rehab Rekon Badan Nasional Penanggulangan Bencana Republik Indonesia.

Kepala BPBD Kota Sawahlunto Adriyusman mengatakan, proposal perbaikan infrastruktur untuk bencana yang terjadi pada periode tahun 2019-2020, akan segera diajukan. "Saat ini tengah dalam proses estimasi dana rekonstruksi oleh Dinas PU," ujarnya.

Selain rehab infrastruktur, untuk tujuan mitigasi bencana, pihaknya juga mengajukan proposal permintaan alat pendeteksi pergerakan tanah atau Early Warning Sistem (EWS). Jika terealisasi, EWS ini akan dipasang diwilayah lereng Puncak Polan yang rawan longsor, alat itu berfungsi untuk memberi peringatan dini jika di daerah setempat terjadi gerakan tanah, sehingga masyarakat waspada.

Terkait hal ini Walikota Sawahlunto Deri Asta optimis, proposal tersebut dapat dikabulkan oleh Pemerintah Pusat. Pasalnya Pemko telah menjalin pendekatan dengan Ir. Rivai MBA salah satu Putra terbaik Silungkang yang kini menjabat Deputi Rehabilitasi Dan Rekonstruksi BNPB RI dalam kunjungannya ke Sawahlunto beberapa hari lalu.

Sesuai data yang diberikan Kepala Bidang Rehab Rekon BPBD Sawahlunto Tri Dharma Satria, di tahun 2020 ini Sawahlunto akan mendapat bantuan BNPB sebesar 11,5 Miliar untuk memperbaiki infrastruktur yang rusak akibat bencana alam yang terjadi di tahun 2016-2018.

Dana tersebut berdasarkan proposal rehab rekon yang diajukan Sawahlunto pada tahun sebelumnya dan telah diverifikasi oleh tim BNPB pusat pada 2019 lalu.

Dana pusat tersebut dijadwalkan akan cair sekitar Maret hingga April 2020 dan akan dimanfaatkan untuk memperbaiki infrastuktur yang rusak akibat bencana yakni jalan Simpang PU-Tanah Hitam Kandi, Drainase jalan Simpang Napar, jalan Puncak Cemara-Air Dingin, jalan jembatan kawasan Lubang Panjang, penguatan Dam di kawasan kali OMTC, dan perbaikan jalan kawasan Bantingan.(*/ris)

Tag Terpopuler

×
Berita Terbaru Update