Notification

×

Indeks Berita

Warga Sawahlunto dari Luar Daerah Diminta Memeriksakan Kesehatan

Sabtu, 28 Maret 2020 | Maret 28, 2020 WIB Last Updated 2020-03-28T04:36:28Z

dr Al Anshari (baju merah) bersama Kadis DKK Sawahlunto dr Yasril di posko Covid-19.
padanginfo.com - SAWAHLUNTO - Mengantisipasi pandemi Covid 19 Walikota Sawahlunto mewajibkan kepada warga yang kembali  dari daerah luar Sawahlunto untuk segera melaporkan diri dan memeriksakan kesehatan ke Puskesmas terdekat atau ke Posko Siaga Covid Sawahlunto.

Kabid Pencegahan Penyakit Menular Dinas Kesehatan Kota Sawahlunto drAl Ansari  menyebutkan pentingnya melaporkan kesehatan bagi warga yang kembali dari luar daerah apalagi dari daerah terjangkit adalah demi melindungi kesehatan pribadi dari wabah covid sehingga kesehatan keluarga dan lingkungan juga terlindungi.

"Terhadap warga yang melaporkan diri secara mandiri akan dilakukan pendataan, cek kesehatan dan dinotifikasi sebagai Orang Dalam Pengawasan (ODP). Kepada mereka yang tidak merasakan ada gejala ataupun keluhan kesehatan diminta untuk melakukan self monitoring," jelasnya.

Pada prinsipnya, sebutnya, self monitoring adalah isolasi di rumah, jangan berkeliling ke tempat-tempat lain, kemudian menggunakan masker apabila harus ke tempat yang ramai tetapi diusahakan tidak. Diusahakan menghindari tempat-tempat yang ramai dan  menjaga personal distancing,” ujar Al Ansari.

Apabila kemudian muncul gejala seperti batuk, demam maka wajib melapor ke petugas kesehatan. Petugas kesehatan  akan melakukan pemeriksaan labor dan akan memutuskan apakah perlu dilakukan self isolation ataupun perawatan medis.

"Hingga saat ini ada 27 ODP di Sawahlunto dengan 'zero' positif covid 19," ujar Al Anshari.

Dokter Al juga berpesan, yang paling utama yang harus dilakukan ODP adalah jaga jarak dengan orang lain dan  jaga sistem imun tubuh. Dalam menghadapi kasus wabah kita harus waspada tinggi dan boleh memandang semua orang potensi tertular.

“Jangan lupa perilaku hidup bersih dan sehat jadi jaga pola makan. Kemudian istirahat yang cukup itu harus sangat diusahakan, dan sering mencuci tangan pakai sabun dan air yang mengalir itu masih yang utama,” lanjutnya.

Ia mengharapkan dukungan seluruh pihak termasuk seluruh masyarakat untuk aktif mawas diri menjaga kesehatan, memonitor lingkungannya dan mendorong warga yang baru kembali ke Sawahlunto untuk melapor. (hms/ris)

Tag Terpopuler

×
Berita Terbaru Update