Notification

×

Indeks Berita

Di Sumbar Terdapat 4 Titik Pusat Penyebaran Virus Corona

Kamis, 30 April 2020 | April 30, 2020 WIB Last Updated 2020-04-30T07:39:56Z
padanginfo.com - PADANG - Warga Sumatera Barat (Sumbar) yang terkonfirmasi positif terinfeksi corona atau covid-19 bertambah 4 orang. Dengan demikian, total kasus covid-19 di Sumbar hingga Kamis (30/4/2020) siang ini adalah 149 orang.

Sehari sebelumnya, Rabu (29/4/2020) total jumlah kasus positif di Sumbar adalah 145 orang, sebanyak 24 di antaranya dinyatakan sembuh.

Di wilayah Sumatera Barat sendiri diketahui memiliki empat titik pusat (episentrum) penyebaran Virus Corona (COVID-19), yang menyebabkan banyaknya warga di daerah itu terpapar corona.

"Titik episentrum itu terdapat dua lokasi di Kota Padang, lalu satu di Dharmasraya dan satu lagi di Pesisir Selatan," kata Gubernur Sumbar, Irwan Prayitno.

Di Kota Padang, titik itu berada di Pasar Raya dan Pengambiran. Dari dua lokasi itu telah banyak menimbulkan korban (pasien positif COVID-19). Virus itu, jelasnya, dibawa oleh salah seorang pendatang.

Kemudian, di Tarusan, Kabupaten Pesisir Selatan, penyebaran berawal dari seorang petugas kesehatan dan pemerintah setempat diketahui juga sudah melakukan tracking di sana.

Lalu, di Kabupaten Dharmasraya, penyebaran berasal dari jemaah yang mengikuti kegiatan di Gowa, Sulawesi Selatan, Maret 2020. Hingga saat ini, sudah enam orang yang dinyatakan positif COVID-19 di Dharmasraya.

"Jadi, ada empat klaster atau pusat penyebaran corona di Sumbar. Di lokasi-lokasi itu paling banyak warga yang positif COVID-19," ujar Irwan di Padang, Rabu (29/4).

Disebutkan Irwan, untuk empat wilayah tersebut sudah dilakukan tracking, dan orang yang diduga pernah kontak dengan pasien positif COVID-19 sudah diperiksa, bahkan mereka sudah diisolasi dan uji swab.(*)

Tag Terpopuler

×
Berita Terbaru Update