Notification

×

Iklan

Powered By Blogger

Indeks Berita

DPRD Sawahlunto Siapkan Rp1 Miliar untuk Tangani Corona

Kamis, 02 April 2020 | April 02, 2020 WIB Last Updated 2020-04-02T04:40:04Z
padanginfo.com - SAWAHLUNTO - Anggota DPRD Sawahlunto sepakat mengalihkan anggaran perjalan dinas mereka untuk membantu penanganan virus corona. Anggaran yang direloaski tersebut jumlahnya Rp1 miliar.

"Ini merupakan ikhtiar anggota DPRD Sawahlunto melihat kondisi perkembangan virus corona atau covid 19 itu yang kini sudah menjalar keberbagai derah kabupaten kota di Sumbar," ujar Ketua DPRD Sawahlunto, Eka Wahyu, Rabu (1/4/2020) usai rapat internal.

Meski kasus positif covid 19 belum ditemukan di Sawahlunto, tetapi kesiapsiagaan terus dilakukan oleh Pemerintah bahu membahu dengan institusi TNI, Polri, legislatif, dan pihak pemangku kepentingan lainnya. "Hal ini sebagai upaya preventif dalam pencegahan penyebaran virus berbahaya itu," sebutnya.

Dikatakan Eka wahyu, lembaganya sangat mendukung langkah yang sudah dilakukan pemerintah sesuai prosedur protokol kesehatan dalam penanganan kasus pandemi covid 19 secara nasional. Selain hanya dukungan sesuai tupoksi dewan, sebagian besar Anggota Dewan baik perorangan maupun berkelompok ikut melakukan upaya pencegahan penyebaran virus menghebohkan itu ke Sawahlunto dengan kegiatan penyaluran bantuan masker, penyemprotan desinfektan, dan bantuan lainnya.

"Pimpinan Dewan dan Fraksi-fraksi yang ada seperti, Fraksi PKPI, Fraksi Gabungan PAN, Golkar dan PDI Perjuangan, Fraksi Gabungan PPP, DEmokrat dan Perindo, dan Fraksi Gabungan Partai Nasdem, PKS, Gerindra, sepakat menggeser anggaran perjalanan dinas sebesar Rp 1 miliar  untuk dana penanganan penyebaran virus corona di Sawahlunto," jelasnya.

Alokasi anggaran yang digeser itu, ungkapnya, secara teknis nantinya bisa saja digunakan Pemerintah, untuk mendukung anggaran pembelian alat pelindung diri (APD) tenaga medis, maupun pembelian masker, cairan sanitizer, dan bantuan kebutuhan masyarakat dalam bentuk apapun yang diperhitungkan sesuai kebutuhan masyarakat.

"Bukan dibelanjakan sendiri oleh dewan, melainkan lebih memperhatikan Keputusan Presiden RI yang telah menetapkan Status Kedaruratan Kesehatan Masyarakat terhadap corona virus atau covid 19," sebutnya.

Di pihak lain, Eka Wahyu juga menghimbau seluruh pihak, Pemko, BUMN, BUMD, berbagai perusahaan swasta dan pemangku kepentingannya lainnya beroperasi dan melakukan aktifitas di daerah ini untuk saling bahu membahu dalam memberikan kontribusinya dalam mencegah masuknya penyebaran virus corona di Sawahlunto dan tempat lain.

“Saya ingin mengajak kita semua berempati dan bergandengan tangan mengantisipasi menghadang masuknya pandemi corona ini ke Sawahlunto," tambahnya.(ris)

Tag Terpopuler

×
Berita Terbaru Update