Notification

×

Indeks Berita

Pemko Sawahlunto Gratiskan Sewa Kios Selama 6 Bulan

Kamis, 30 April 2020 | April 30, 2020 WIB Last Updated 2021-12-31T08:55:18Z
Walikota Sawahlunto Deri Asta SH.
padanginfo.com - SAWAHLUNTO - Walikota Sawahlunto, Deri Asta SH mengeluarkan kebijakan, meniadakan sewa kedai atau kios pedagang di pasar milik pemerintah untuk 6 bulan kedepan.

"Kebijakan ini kita keluarkan, sebagai relaksasi atau kelonggaran terhadap pedagang karena terdampak Covid-19," kata Deri Asta, Rabu (29/4).

Lebih lanjut Deri Asta mengatakan, pinjaman modal usaha bagi masyarakat dengan bunga ringan yang dikelola UPTD Dana Bergulir, juga dilakukan pengunduran angsuran pinjaman selama 6 bulan kedepan.

"Bagi UKM yang mendapatkan pinjaman modal dari UPTD Dana Bergulir, juga kita berikan kelonggaran untuk tidak membayarkan cicilannya selama 6 bulan kedepan. Angsurannya selama 6 bulan itu bisa digunakan untuk tambahan modal usaha."

Dikemukakan Deri Asta, sejak Covid-19 melanda perekonomian di kota ini dirasakan sangat melambat dibanding keadaan normal. "Kalau dihitung-hitung, sekitar 50 persen terjadi penurunan transaksi ekonomi di Sawahlunto," ujar Deri.

Lebih jauh dikemukakannya, berkaitan dengan pembatasan sosial berskala besar, juga dilakukan pembatasan pasar, dibuka pukul 06.00 WIB hingga pukul 16.00 WIB.

Mekanisme masuk pasar juga dilakukan pengaturan sesuai dengan physical distancing dan social distancing. Setiap pedagang dan pengunjung pasar wajib menggunakan masker dan sarung tangan.

"Pasar pabukoan yang setiap bulan Ramadhan yang disediakan dan difasilitasi oleh dinas pasar, sementara ini ditiadakan dalam upaya mempercepat penanganan memutus mata rantai penyebaran virus Covid-19," tutur Deri.(ris)

Tag Terpopuler

×
Berita Terbaru Update