Notification

×

Iklan

Powered By Blogger

Indeks Berita

Ditengah Kesibukan mencegah Virus Corona, Walikota Sawahlunto Lakukan Gerakan Tanam Padi

Selasa, 12 Mei 2020 | Mei 12, 2020 WIB Last Updated 2020-05-12T07:44:09Z
Walikota Deri Asta lakukan gerak tanam padi di Desa Kolok Nan Tuo (ris)
PadangInfo.com - SAWAHLUNTO - Ditengah  kesibukkannya mencegah penyebaran virus corona, Walikota Sawahlunto Deri Asta melakukan gerak tanam padi di Kelompok Tani Batang Kuluak Desa Kolok Nan Tuo, selasa (12/5).

Deri Asta menjelaskan gerakan tanam padi ini serentak diadakan diseluruh Indonesia hari ini. " Sesuai dengan instruksi Pemerintah Pusat untuk mengahadapi hari besar dan juga dalam kondisi pandemi,  tujuannya untuk ketersediaan pangan pangan," ujarnya.

" Melihat dari produksi padi di Kota Sawahlunto saat ini, menurut data ketersediaan padi atau beras kita sampai bulan Desember tahun 2020 ini.  Dan kita juga menyarankan pada para petani agar pada saat panen jangan dijual semua, sisakan untuk stock bagi keluarganya," tutur Deri Asta.

Heni Purwaningsih sekretaris Dinas Ketahanan Pangan Pertanian Dan Perikanan mengatakan saat ini varietas lokal yang ditanam adalah bibit bujang merantau." Sebenarnya di Sawahlunto varietas unggulan Gadang Rumpun Kumbayau yang sudah bersertifikasi, dan hasil produksinya pun bagus. Meskipun demikian Bujang Merantau ini juga memiliki hasil produksi yang tidak jauh berbeda dengan Gadang Rumpun Kumbayau," katanya.

"Memang saat ini kita tanam Bujang Merantau,  sebab sebelumnya Kelompok Tani Batang Kuluak ini telah menanam Gadang Rumpun Kumbayau ditambah umur panen Bujang Merantau ini yang singkat 110 hari,  aehingga dengan situasi jelang kemarau ini airnya bisa mencukupi. Juga untuk memutus mata rantai hama kepada varietas tertentu, " jelasnya.

Ketua Kelompok Tani Sungidar menginformasikan," Kelompok Tani Batang Kuluak ini memiliki luas lahan 15 Ha,  dengan 21 anggota,  dan lahan mereka ini adalah sawah tadah hujan. Kami menanam bibit bujang merantau ini sudah 2 kali dan hasil priduksinya memuaskan," katanya. (Tet/Ris)

Tag Terpopuler

×
Berita Terbaru Update