Notification

×

Iklan

Powered By Blogger

Indeks Berita

Pemeriksaan Ketat di BIM, Harus Datang 3 Hingga 4 Jam Sebelum Terbang

Senin, 11 Mei 2020 | Mei 11, 2020 WIB Last Updated 2020-05-11T07:05:53Z
Pemeriksaan yang ketat dilakukan pihak Bandara BIM terhadap calon penumpang yang akan terbang.
padanginfo.com - PADANG - Bandara Intenasional Minangkabau sudah melayani aktifitas penerbangan. Hanya saja, diberlakukan pemeriksaan yang ketat terhadap calon penumpang yang akan terbang.

Ada banyak berkas yang mesti diisi calon penumpang. Calon penumpang harus mengisi kartu kewaspadaan kesehatan (Health Alert Card/HAC) dan formulir penyelidikan epidemiologi yang diberikan personel KKP.

Executive General Manager (EGM) PT Angkasa Pura II (Persero) Cabang BIM, Yos Suwagiono menyebutkan setiap calon penumpang diwajibkan untuk melengkapi dan menunjukkan kelengkapan dokumen perjalanan yang dibutuhkan serta mengikuti protokol pengamanan kesehatan diri.

"Dokumen dimaksud antara lain surat tugas dari instansi atau perusahaan serta surat keterangan bebas covid-19 berupa document rapid, swap PCR, no reaktif." jelasnya Senin (11/05/2020).

Untuk melakukan berbagai pemeriksaan itu, sebutnya, calon penumpang pesawat juga harus hadir di bandara 3 hingga 4 jam sebelum jadwal keberangkatan. Setelah HAC diisi, calon penumpang diwajibkan melakukan pengecekan kesehatan.

Meski ia memegang surat tugas serta HAC, tetap harus di cek kesehatannya. Setelah itu baru bisa masuk ke terminal dan menuju konter check-in untuk mendapat boarding pass.

Minggu (11/5/2020) maskapi Citilink ada 50 orang yang melakukan reservasi. Tapi yang bisa berangkat cuma 13 orang dan ada 35 yang tidak jadi berangkat karena tidak hadir di BIM.

Yos Suwagiono menyebut, di bandara ada petugas yang disiagakan untuk melakukan pemeriksaan, baik TNI, Polri, KKP maupun Satpol PP. "Setiap hari ada sekitar 50 hingga 60 petugas, termasuk petugas bandara," ujarnya.

Menurut Yos Suwagiono, aturan yang diberlakukan cukup ketat dengan harapan penyebaran virus corona menjadi seminimal mungkin. Untuk penumpang yang tiba di BIM Padang, juga akan diterapkan aturan yang ketat.(*)

Tag Terpopuler

×
Berita Terbaru Update