Notification

×

Iklan

Powered By Blogger

Indeks Berita

Kota Sawahlunto Kembali ke Zona Hijau, Setelah Seorang Pasien Covid-19 Dinyatakan Sembuh.

Senin, 29 Juni 2020 | Juni 29, 2020 WIB Last Updated 2020-06-29T10:39:37Z

Walikota Deri ASta (f.-dok)
padanginfo.com - SAWAHLUNTO - Kota Swahlunto kembali ke zina hijau, setelah satu orang pasien civid-19 , yang dirujuk ke Rumah Sakit Semen Padang  DC ( 32) tahun, pada Sabtu 27/6 kemarin dinyatakan sembuh setelah dirawat  satu bulan.

DC dinyatakan positiv  terdampak covid-19 beberapa waktu yang lalu berdasarkan tes Swab yang dilaksanakan terhadap 1300 warga Kota Sawahlunto. Kini Kota Sawahlunto terbebas dari Covid-19 dan kembali ke Zona Hijau.

Keterangan Negativ Covid-19 terhadap DC di peroleh pada Sabtu 27 Juni kemarin setelah adanya tes sample yang di lakukan oleh Laboratoriun UNAND Padang.

Demikian diungkapkan Walikota Sawahlunto Deri Asta yang didampingi Wawako Zohirin Sayuti, Kadis Kesehatan, Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana Yasri serta Kepala DPKAD Afridarman di hadapan para awak media saat menggelar jumpa pers di ruang loby Kantor Walikota Sawahlunto pada Senin 29/6/20.

Menurut Deri Asta, pasca terkonfirmasi   2 orang warga Sawahlunto yang positif Covid-19 beberapa waktu yang lalu, berdasarkan tes Swab terhadap 1300 warga , salah seorang sudah dinyatakan negativ dan bisa berkumpul kembali dengan keluarganya , sementara itu yang seorang lagi berinisial DC (32) positif Covid-19 dan dirawat di Rumah Sakit Semen Padang selama hampir satu bulan, Sabtu kemarin yang bersangkutan di nyatakan  Negativ dan Kota Sawahlunto kembali ke Zona Hijau, ujar Deri Asta.

Dikatakan  Deri Asta, dengan telah kembalinya Sawahlunto ke Zona Hijau saat ini, maka warga tidak boleh lengah dan tetap menggunakan standar protokol kesehatan seperti yang di tetapkan oleh pemerintah dan WHO. Sebab masih banyak daerah lain yang masih berkutat dengan penanganan Covid-19.
"Kalau dilihat secara grafik saat ini untuk Provinsi Sumatera Barat penyebaran Covid-19 sudah bisa dikatakan melandai namun belum bisa di katakan turun", sebutnya.

Deri Asta mengingatkan bahwa  di New Normal saat ini warga  tetap melaksanakan kegiatan.sesuai standar Protokol Kesehatan, baik itu kegiatan di pasar ataupun  rumah Ibadah serta Sekolah "Kita sudah menyampaikan edaran-edaran terkait standar Protokol Kesehatan tersebut, khusus untuk Pelaksanaan proses kegiatan  belajar dan mengajar saat ini kita masih berkoordinasi dengan Pihak Provinsi apakah menggunakan metode daring atau tatap muka," ujarnya

Menurutnya,  metode daring tidak semua daerah memiliki signal, untuk daerah yang tidak mempunyai signal kemungkinan kita menggunakan metode puring atau memberi soal pelajaran kepada siswa, katanya lagi.

Terkait tempat wisata yang ada di Kota Sawahlunto, Deri Asta mengatakan sudah mulai di buka kembali seperti biasa dengan menerapkan standar protokol kesehatan , untuk objek wisata waterboom memang belum di buka karena terkendala masalah anggaran, karena selama lebih kurang empat bulan tidak beroperasi terkait Corona, pungkasnya. (Ris)

Tag Terpopuler

×
Berita Terbaru Update