Notification

×

Indeks Berita

Gubernur Sumbar Terbitkan SK Pensiun Irvan Khairul, Hakim Usulkan Perdamaian

Senin, 13 Juli 2020 | Juli 13, 2020 WIB Last Updated 2020-07-13T09:08:35Z
Kuasa hukum Gubernur Sumbar Irwan Prayitno dalam sidang gugatan Irvan Khairul Ananda di Pengadilan Negeri Padang, Senin (13/07/2020). (f:dok)
padanginfo.com - PADANG - Persidangan gugatan Irvan Khairul Ananda terhadap Gubernur Sumbar, Senin (13/07/2020) pagi masih berlanjut dengan upaya mediasi.

Ketua Majelis Hakim Yose Ana Rosalina memimpin pelaksanaan mediasi di ruang mediasi Pengadilan Negeri Padang.

Pada kesempatan itu terungkap bahwa Gubernur Sumbar sudah menerbitkan SK Pensiun Irvan Khairiul Ananda yang merupakan salah satu penyebab gugatan yang diajukan mantan Kepala Kesbangpol Sumbar itu.

Dalam sidang mediasi ini, Gubernur Sumbar selaku tergugat diwakili oleh kuasa hukum Ezeddin Zain SH Osman SH MM, Yeni Novratia SH MH dari Biro Hukum Pemprov Sumbar. Sementara penggugat Irvan Khairul Ananda dengan kuasa hukumnya Wilson Saputra.

Pihak hakim mediasi membuka pertemuan dan menyampaikan bahwa Tergugat telah menerbitkan Surat Keputusan Pensiun Irvan Khairul Ananda tertanggal 10 Juli 2020.

Menurut majelis, inisiatif tersebut bisa menjadi salah satu alasan untuk melakukan upaya perdamaian. "Oleh karena itu diminta pihak Penggugat bisa menerima dan mengambil langkah untuk bisa berdamai," ujar Yose Ana.

Baca Juga: Ini Kronologi Gugatan Mantan Kepala Kesbangpol terhadap Gubernur Sumbar

Pihak Penggugat melalui kuasa hukum menyampaikan penghargaan atas inisiatif Tergugat ini. Dan memberikan apresiasi kepada Gubernur Irwan Prayitno yang telah melihat jernih tugas-tugas dan kewajibannya.

Hanya saja, kuasa hukum Irvan, menyayangkan kenapa SK pensiun tersebut baru sekarang diterbitkan. Kalau saja SK tersebut sudah ada pada tahun 2016 lalu, maka perkara ini tidak akan berlangsung.

"Setelah pihak PTUN Padang menyampaikan amar putusan tersebut koq tidak langsung dieksekusi? Bahkan di tahun 2018 sudah disurati oleh Presiden RI melalui penugasan Ketua Komisi Aparatur Sipil Negara menyurati Gubernur Irwan P untuk menindaklanjuti. Bahkan juga pihak BKN juga menyurati Gubernur Irwan Prayitno untuk mengeksekusi putusan MA ini," ujar Wilson.

Setelah berbisik dengan Irvan Khairul Ananda, pihak kuasa hukum minta diberi waktu untuk mempelajari usulan mediasi majelis hakim tersebut.

"Kami akan sampai jawaban terhadap usulan mediasi ini pada persidangan hari Senin 20 Juli 2020 mendatang," ujar Wilson.

Persidangan ini mendapat perhatian dari sejumlah pensiun ASN. Diantaranya terlihat mantan KaKesbangpol Sumbar Syofyan SH Datuak Bijo dan mantan Kabiro Hukum Soemantri. Juga tampak Kasatpol PP Sumbar Novriarman.(afr/ak)

Tag Terpopuler

×
Berita Terbaru Update