Notification

×

Indeks Berita

LPTQ dan PMI Jalin Kerjasama Sukseskan MTQ Nasional ke 28

Selasa, 21 Juli 2020 | Juli 21, 2020 WIB Last Updated 2020-07-21T13:37:25Z
Pengurus LPTQ dan PMI Sumbar usai meneken kerjasama untuk mensukseskan pelaksanaan MTQ Nasional ke-26. (f:dok)
padanginfo.com - PADANG - PMI dan LPTQ bekerjasama untuk menyukseskan helat nasional yang akan digelar di Sumatera Barat yakni Musbaqah Tilawatil Quran (MTQ) Nasional ke-28.

Kedua lembaga bersepakat untuk memberikan pelayanan kesehatan maksimal kepada para kafilah tuan rumah Sumatera Barat yakni offisial sampai ke anggota pendamping kafilah selama berlangsungnya persiapan MTQ sampai para anggota kafilah kembali ke tempat masing-masing.

“Pemberian pertolongan kedaratan, layanan kesehatan dasar kepada kafilah akan menjadi bagian dari tugas PMI Sumbar nanti” kata Ketua PMI Sumatera Barat, H Aristo Munandar, usai menandatangi nota kesepahaman dan perjanjian kerjasama antara PMI dengan Lembaga Pengembangan Tilawatil Quran (LPTQ) Sumatera Barat di Hotel Grand Zuri, Selasa (21/07/2020) di Padang.

Kerjasama ini merupakan ujud dari amanah Undang-undang No 1 tahun 2018 tentang kepalangmerahan. Dan itu, kata Aristo, menunjukkan bahwa Palang Merah Indonesia tidak sekedar ‘donor darah’. Ada banyak aspek yang menjadi konsentrasi PMI. “Sedangkan donor darah hanya salah satunya saja, dari tugas-tugas kemanusiaan yang diemban oleh PMI,” tutur Aristo Munandar
.
Sementara itu Ketua Harian LPTQ Sumbar, H Damri Tanjung memberikan apresiasi yang tinggi terhadap PMI Sumbar yang memberikan baktinya untuk ikut serta menyukseskan pelaksanaan MTQ Nasional ke-28 yang akan dituanrumahi oleh Provinsi Sumatera Barat.

“Alhamdulillah, dengan penandatangan perjanjian kerja sama untuk pelayanan kesehatan kafilah MTQ Sumbar ini, sebagian dari tugas berat panitia penyelenggaran sudah terbagi kepada PMI,” kata Damri.

Ia mengatakan bahwa nanti, PMI akan melayani keluhan kesehatan (lewat layanan dasar) dari kafilah Sumbar sejak masa pemusatan latihan sampai MTQ ini berakhir. Namun demikian tidak tertutup kemungkinan PMI juga akan diperbantukan kepada tugas-tugas untuk melayani anggota kafilah tamu jika nanti diperlukan.

“Kita siap untuk itu, karena kita memiliki tim yang siap di tugaskan ke panitia MTQ,” kata Kepala Markas PMI Sumbar, Hidayatul Irwan.

Pelayanan kesehatan ini sepenuhnya dilaksanakan oleh Tim Klinik PMI Sumbar, dengan personil yang piket setiap hari sebanyak 8 orang yang terdiri dari 1, orang koordinator pelayanan, 1 orang dokter,  2 orang tenaga kesehatan, 2 orang awak  ambulans, 1 orang tenaga laboratorium dan  1 orang sopir ambulans.(*)

Tag Terpopuler

×
Berita Terbaru Update