Notification

×

Indeks Berita

Didik Rachbini: Pentingnya Proses Perdamaian Palestina - Israel Melalui Perspektif Politik Ekonomi

Senin, 07 Juni 2021 | Juni 07, 2021 WIB Last Updated 2021-06-07T06:14:07Z


Didik J Rachbini (foto.dok)

padanginfo.com-JAKARTA- seminar yang digelar oleh Universitas Paramadina dengan tema "Diplomacy's Road in Palestine - Israel Peace Process" Prof. Didik J Rachbini mengusulkan pentingnya menilik upaya proses perdamaian Palestina - Israel melalui perspektif politik ekonomi. Kegiatan tersebut berlangsung secara virtual, Sabtu, (05/06).

Menurutnya, hal tersebut adanya keterkaitan antara kepentingan diplomasi ekonomi Indonesia dan posisi strategis Indonesia dalam perdamaian konflik Palestina – Israel.

"Adanya ikatan antara diplomasi ekonomi Indonesia dan posisi strategis Indonesia dalam perdamaian Palestina – Israel," ucap Didik.

Lebih lanjut Didik menjelaskan perlu adanya pendekatan economic diplomacy, katanya itu sangat penting dalam upaya proses perdamaian Palestina - Israel. Menurutnya naik turunnya diplomasi, konsekuensi putus atau tidak, diplomasi Indonesia dalam isu Israel, tidak mempengaruhi kondisi kebijakan ekonomi atau magnitude ekonomi Indonesia. Didik mengatakan dalam hal ini Indonesia berdiplomasi dalam konteks konflik Palestina - Israel dalam rangka menjalankan amanat UUD 1945 bahwa penjajahan di muka bumi harus dihapuskan.

"Perlu adanya pendekatan economic diplomacy, karena sangat penting dalam upaya proses perdamaian Palestina - Israel, ini dilakukan dalam menjalankan amanat UUD 1945 bahwa penjajahan harus dihapuskan," lanjutnya.

Prof. Makarim Wibisono dalam seminar tersebut memaparkan secara komprehensif dan holistik tentang akar konflik dan perkembangan terkini dan tahapan perjalanan upaya proses perdamaian Palestina - Israel termasuk khususnya posisi dan peran Indonesia. Bagi Indonesia isu Palestina memiliki keterikatan sejarah yang kuat di awal perjuangan pengakuan kedaulatan termasuk inisiatif Declaration Palestine dalam Konferensi Asia Afrika yang digagas oleh Indonesia tahun 1955. Menurutnya upaya diplomasi Indonesia telah dilakukan baik melalui jalur mekanisme bilateral maupun multilateral.

"Upaya diplomasi Indonesia telah dilakukan baik melalui jalur mekanisme bilateral maupun multilateral," jelas Makarim.

Sedangkan menurut Shiskha Prabawaningtyas, kebijakan luar negeri Indonesia tentang Palestina merupakan salah contoh studi kasus isu yang menunjukkan adanya keterkaitan antara isu internasional dan nasional karena selalu menimbulkan dinamika dalam diskursi publik domestik terkait pilihan kebijakan yang akan dilaksanakan terkait peran Indonesia dalam keterlibatan menciptakan perdamaian dunia.

"Salah contoh studi kasus isu yang menunjukkan adanya keterkaitan antara isu internasional dan nasional karena selalu menimbulkan dinamika dalam diskursi publik domestik," kata Shiskha. (*/ak)


Tag Terpopuler

×
Berita Terbaru Update