--> Berterimakasihlah NTT & Indonesia Kepada Emmy Hafild | Padang Info |

Berterimakasihlah NTT & Indonesia Kepada Emmy Hafild

  Prof Dr Didik J Rachbini Oleh: Prof. DR. Didik J Rachbini Rektor Universitas Paramadina       Mantan Direktur Eksekutif Walhi ...

 

Prof Dr Didik J Rachbini

Oleh: Prof. DR. Didik J Rachbini

Rektor Universitas Paramadina

 

 

 

Mantan Direktur Eksekutif Walhi Almy Hafild atau yang dikenal dengan Emmy Hafild meninggal dunia pada usia 63 tahun, Sabtu (3/7/2021) pukul 21.17 di RS Pondok Indah, Jakarta.

Sepuluh tahun yang lalu Labuan Bajo bukan apa-apa.  Daerah ini cuma desa, yang sepi serta pesisir dan pantai, yang tidak berbeda dengan pantai-pantai dari ribuan pulau-pulau lain.  Labuan Bajo waktu itu tidak pernah dilirik siapa pun dan tidak pernah dikunjungi turis atau siapa pun karena memang tidak ada akses untuk menuju ke sana.  Daerah  ini dianggap sebagai daerah yang tidak penting untuk diingat, kecuali anak-anak sekolah menghapal dari buku akan adanya binatang purba di pulau Komodo.

 

Tetapi Labuan Bajo sekarang adalah daerah yang dikenal di seluruh jagad bumi karena jasa Emmy Hafild, yang berkampanye duet dengan Jusuf Kalla.  Kebanyakan publik dan rakyat Indonesia mempunyai ingatan pendek sehingga kenangan untuk Emmy Hafild ini penting untuk mengingatkan jasanya.

 

Emmy Hafild adalah kakak kelas saya, tetapi sangat jarang bertemu di kampus atau setelah menyelesaikan kuliah di IPB.  Saya menekuni bidang ekonomi, Emmy menekuni bidang lingkungan hidup.  Kami saling kenal, sesekali bertemu dalam suatu seminar.  Emmy menjadi pimpinan partai Nasdem, sebelumnya saya ikut mendirikan Ormasnya bersama Anies, Ahok, dan yang lainnya. Itu pun juga tidak pernah bertemu.

 

Meskipun bukan kawan yang bertemu setiap hari, di kalangan alumni IPB, Emmy sangat dikenal dan menjadi kebanggaan karena kiprah dan karyanya.  Apa yang dilakukan Emmy sangat penting untuk diingat, khususnya melakukan pemenangan hewan purba Komodo agar menjadi salah satu dari 7 keajaiban dunia baru.

 

Pekerjaan ini bersifat global dan kolektif yang melibatkan kelompok kecil yang berkampanye, yang perlu melibatkan puluhan atauratusan juta orang untuk berpartisipasi mendukungnya.  Untuk membuat gerakan kampanye khasahah kekayaan alam permai Indonesia, yakni Komodo, maka diperlukan tokoh nasional agar kampanye berjalan efektif.  

 

Langkahnya cerdas dengan menggaet Jusul Kalla, sebagai mantan wakil presiden, yang dikenal sigap, tulus dan total dalam bekerja.   Jusuf Kalla berdiri di depan menjadi Duta Besar Komodo dan sekaligus menjadi Ketua Dewan Pembina Yayasan Komodo. Gerakan kolektif berhasil karena semakin banyak dukungan dari para artis sehingga dukungan SMS (belum ada WA ketika itu) tembus lebih dari 100 juta.   Akhirnya  pada bulan Mei 2012 Taman Nasional Komodo ditetapkan menjadi satu keajaiban dunia, selain Halong Bay, Iguazu Falls, Jeju Island, Puerto Princesa Underground River, Table Mountain, dan Amazon.

 

Sukses proyek besar mengubah Labuan Bajo menjadi kota wisata yang mengagumkan karena eksistensi hewan purba, yang diakui sebagai salah satu dari tujuh keajaiban dunia (New7wonder).  Lapangan terbang dibangun, hotel-hotel bermunculan dan turis-turis dari berbagai belahan dunia datang untuk melihat the New 7 Wonder ini.

 

Kehebatan Emmy ini adalah legasinya yang mestinya tidak dan jangan dilupakan karena usaha keras itu mengalahkan 440 saingan dari 220 negara.   Sukses ini bukan merupakan hal mudah sehingga saya mengusulkan Emmy mendapat bintang jasa dari negara. 

 

Propinsi NTT seharusnya juga memberi penghargaan kepadanya, terutama menjaga passionnya dalam lingkungan hidup. Pantai Labuan Bajo, pulau Rinca,. Pulau Komodo sudah mulai rusak lingkungannya karena tidak terjaga.  Sampah-sampah bertebaran tidak hanya mengganggu tetapi sudah merusak keindahan alamnya.

 

Selamat Jalan Emmy Hafild semoga husnul khatimah dan keluarga yang ditinggalkan mendapat kesabaran dan keikhlasan. Duka cita yang mendalam dan terimakasih atas perjuanganmu untuk Indonesia.

 

Depok, 4 Juli 2021

 

Baca Juga

loading...
Name

50 Kota,11,agam,66,Artikel,8,bank,6,Beasiswa,12,bencana,15,birokrasi,183,bisnis,194,budaya,54,bukittinggi,86,daerah,252,dharmasraya,149,duniamaya,54,figur,8,galeri,1,head,10,headline,2534,hiburan,4,hotel,1,Hotel di Padang,3,hukrim,200,infokerja,43,infrastruktur,5,inspiratif,2,Jakarta,107,K,1,kabupaten solok,36,keamanan,1,Kebun hidroponik yang dikelola Politeknik Pertanian Negeri Tanjuangpati (Foto: Dok. Poltektan),1,kesehatan,270,ko,1,kota,258,kuliner,5,limapulu kota,9,limapuluhkota,5,lingkungan,41,mentawai,30,nasional,107,olahraga,51,opini,33,organisasi,29,ormas,5,padang,762,padang panjang,5,padang pariaman,65,padang. kota,1,padangpanjang,26,pariaman,69,pasaman,24,pasaman barat,18,payakumbuh,34,peduli,66,pendidikan,264,perdagangan,5,peristiwa,17,pertanian,7,pesisir selatan,95,pikada,3,Pilkada,363,politik,211,prestasi,7,sawahlunto,244,sijunjung,55,solok,27,solok selatan,6,solok selatan,13,sosial,4,tanah datar,37,terbaru,8,transportasi,66,traveling,6,ukm,6,video,3,wisata,27,
ltr
item
Padang Info : Berterimakasihlah NTT & Indonesia Kepada Emmy Hafild
Berterimakasihlah NTT & Indonesia Kepada Emmy Hafild
https://1.bp.blogspot.com/-cxpY9ShDAN8/YOK4NhNpKCI/AAAAAAAAIiI/KKQrJJdP1XM9QaqEkfgp55EHy5FV81NtACLcBGAsYHQ/s320/didik%2Brektor.jpeg
https://1.bp.blogspot.com/-cxpY9ShDAN8/YOK4NhNpKCI/AAAAAAAAIiI/KKQrJJdP1XM9QaqEkfgp55EHy5FV81NtACLcBGAsYHQ/s72-c/didik%2Brektor.jpeg
Padang Info
https://www.padanginfo.com/2021/07/berterimakasihlah-ntt-indonesia-kepada.html
https://www.padanginfo.com/
https://www.padanginfo.com/
https://www.padanginfo.com/2021/07/berterimakasihlah-ntt-indonesia-kepada.html
true
2338696794869057995
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS PREMIUM CONTENT IS LOCKED STEP 1: Share. STEP 2: Click the link you shared to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy