Notification

×

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Tag Terpopuler

Mahasiswa KKN Unand di Kurao Buat Alat Ingatkan Warga Patuhi Protokol Kesehatan

Jumat, 20 Agustus 2021 | Agustus 20, 2021 WIB Last Updated 2021-08-20T09:49:36Z

Mahasiswa KKN Unand di Kurao Pagang menyerahkan peralatan kepada sekretaris kelurahan.

padanginfo.com - PADANG - Kesadaran warga Kota Padang untuk menjalankan protokol kesehatan guna terhindar dari pandemi Covid-19 dinilai masih kurang. Hal itu terbukti dengan banyaknya warga tidak mematuhi protokol kesehatan 5M, memakai masker, menjaga jarak, menjauhi kerumunan dan mengurangi mobilitas.

Rendahnya kesadaran warga itu menimbulkan inisiatif mahasiswa Universitas Andalas yang tengah kuliah kerja nyata (KKN) di Kelurahan Kurao Pagang, Kecamatan Nanggalo, untuk membuat peralatan khusus mengingatkan warga. Peralatan yang bekerja secara otomatis akan mengeluarkan suara himbauan agar warga mematuhi protokol kesehatan. Peralatan ini ditempatkan di kantor Kelurahan Kurao Pagang.

Peralatan ini diprakarsai oleh Atika Qotrunnada Andrizal, mahasiswa Fakultas Teknik
Jurusan Teknik Elektro bersama anggota KKN Unand lainnya.

"Alat ini bekerja secara otomatis dengan memanfaatkan sensor elektronik yang mampu mendeteksi setiap orang yang masuk ke kantor Kelurahan dimana alat ini diletakkan di meja resepsionis," jelas Atika yang menyebutkan pembuatan alat tersebut selesai dalam waktu tiga hari.

Begitu ada warga yang masuk kantor lurah, alat ini mendeteksi. Lalu secara otomatis akan bersuara, "Selamat datang di Kantor Kelurahan Kurao Pagang. Saat beraktivitas tetap jaga protokol kesehatan 5M secara maksimal agar kita terbebas dari pandemi Covid-19. Terimakasih.”

Kelompok mahasiswa KKN di Kurao berharap adanya peralatan tersebut bisa memancing kesadaran warga untuk menerapkan protokol kesehatan pada setiap saat. "Kita ingatkan warga. Mudah-mudahan mereka merasa perlu mematuhi aturan kesehatan itu," kata Atika.

Peralatan tersebut diserahkan kepada pihak kelurahan, Jumat (13/08/2021). Sudirman, sekretaris Kelurahan Kurao, mengaku antusias menerima alat tersebut. 

"Kita sangat apresiasi adanya peralatan ini. Mungkin hanya ada di Kelurahan Kurao ini saja. Dan kita harapkan dampaknya positifnya, warga makin meningkat kesadarannya menerapkan protokol kesehatan," sebutnya.(afr)

Kelompok mahasiwa KKN Unand di Kelurahan Kurao Pagang, Padang.

 

×
Berita Terbaru Update