Notification

×

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Tag Terpopuler

Jalur Padat yang Beresiko, Cendikiawan Syafii Maarif Dukung Pembangunan Proyek Fly Over Sitinjau Lauik

Jumat, 10 September 2021 | September 10, 2021 WIB Last Updated 2021-09-10T03:31:42Z

Syafii Maarif (Kompas.com)

padanginfo.com-Yogjakarta-  Cendikiawan Buya Syafii Maarif menyatakan dukungannya percepatan rencana proyek fly over Sitinjau Lauik. Kawasan itu merupakan jalur padat yang beresiko yang dilalui kendaraan dari Padang ke Palembang, Jambi, Lampung dan Pulau Jawa, sehingga pemerintah perlu mempercepat realisasinya

“Untuk fly over, 3 menteri sudah memberi dukungan, lanjutkan,” ujarnya ketika disambangi Gubernur Mahyeldi, di Yogjakarta, Kamis (9/9/2021)

Sebagaimana diketahi, rencana pembangunan fly over di Panorama I Sitinjau Lauik, Kota Padang-Solok, Sumbar terus menunjukkan progres. Anggarannya mencapai Rp1,28 triliun.
 
Pembangunan fly over Panorama I Sitinjau Lauik merupakan salah satu dari 35 proyek prioritas nasional. Proyek ini telah tertuang dalam Rencana Pembangunan Jangka Menengah Nasional (RPJMN), dengan target pembangunan dimulai tahun 2022.
 
"Proyek nasional besar di beberapa daerah itu ingin dipastikan oleh Bappenas dapat dilaksanakan sesuai perencanaan," kata Menteri Perencanaan Nasional (PPN)/Kepala Bappenas, Suharso Monoarfa di lokasi. seperti dilansir dari Gatra.com, April lalu
 
Menurut Suharso, Pembangunan fly over Panorama I Sitinjau Lauik menjadi prioritas karena menjaga keselamatan transportasi tanggungjawab Bappenas. Apalagi, kondisi Panorama I  Sitinjau Lauik memiliki jalan terjal dan curam yang rawan kecelakaan.
 
Padahal, Panorama I ini merupakan salah satu jalur terpenting yang menghubungkan Kota Padang, sebagai Ibu Kota Sumbar dengan banyak daerah. Salah satunya, untuk menuju Kabupaten Solok, Kota Solok, Solok Selatan, Dharmasraya, Sijunjung, dan hingga Jambi.


Selain itu, mantan Ketua Pusat Muhammadiyah itu   mendorong agar proyek jalan tol di Sumbar terus dilanjutkan

“Pembangunan di Sumbar yang telah berjalan, seperti Tol maupun yang dalam perencanaan, lanjutkan,” kata tokoh nasional asal Sumatera Barat itu (*/ak)



×
Berita Terbaru Update