Notification

×

Indeks Berita

Diikuti 200 Peserta, Gubernur Mahyeldi Akan Buka Kemah Seniman Sumbar di Payakumbuh

Selasa, 02 November 2021 | November 02, 2021 WIB Last Updated 2021-11-02T07:09:35Z

Kepala Dinas Kebudayaan Sumbar Gemala Ranti (dok)

padanginfo.com-PADANG- Gubernur Mahyeldi direncanakan akan membuka kemah seniman Sumatera Barat yang dihelat di Kota Payakumbuh, selama 3 hari (11-13 Nopember 2021. Kemah seniman itu diikuti sekitar 200 peserta dari kalangan pesastra, teater, seni rupa, musik, tradisi dan tari.

"Ya, direncanakan Pak Gubernur Mahyeldi yang membuka kemah seniman itu, kita masih menunggu kesediaan Beliau. Semoga ditengah-ditengah kesibukannya, beliau dapat meluangkan waktu membuka acara ini dan bertemu dengan seniman Sumatera Barat," ujar Kepala Dinas Kebudayaan Sumbar Kemala Ranti, di Padang Selasa (2/11/2021)

Kegiatan kemah seniman Sumbar 2021 itu diisi dengan berbagai ivent, diantaranya diskusi, workshop, pertunjukan, pameran dalam bentuk demonstrasi, seperti menganyam tikar (lapiek) dan ritual prosesi menyahuk air . Di samping itu kegiatan dirangkai dengan pemutaran film, lomba baca puisi dan lainnya. Kegiatan ini dipercayakan kepada Komunitas Intra Kota Payakumbuh dengan tajuk:Rantak Puisi.

Menurut Gemala Ranti , enam kegiatan yang diusung pada kemah seniman ini, masing-masih dikuratori Iyut Fitra (Sastra), Della Nasution (Teater), CIMAY (Musik), Robi Satria (Tradisi), Andi Porong (Tari dan Andika Ajok (Seni Rupa).

 "Masing-masing kurator diberi tanggungjawab untuk menggelar kegiatannya dengan baik. Saya mengucapkan terimakasih kepada kurator yang telah mempersiapkan kegiatan mereka dengan maksimal, sehingga acara itu dapat berjalan sukses," sebut Gemala Ranti seraya menambahkan, selama kemah seniman berlangsung, panitia menerapkan prokol kesehatan (prokes) dan peserta diharapkan sekali mematuhi penerapan prokes tersebut.

Ditempat terpisah,  Iyut Fitra, selaku kurator sastra mengucapkan terima kasih kepada semua pihak terkait yang menunjuk Kota Payakumbuh sebagai tuan rumah kemah seniman Sumbar 2021. Penyair nasional asal Payakumbuh itu juga mengucapkan terima kasih kepada Ketua DPRD Sumbar Supardi yang telah memberi dukungan penuh terhadap kegiatan ini. "Saya optimis, kemah seniman ini akab berjhalan lancar dan marak," pungkas Iyut Fitra yang kerap disapa Kuyut itu (ak)

Tag Terpopuler

×
Berita Terbaru Update