Notification

×

Indeks Berita

Event Formula E di Jakarta Tak Ada Kaitan dengan Revitalisasi Cagar Budaya Monas

Sabtu, 06 November 2021 | November 06, 2021 WIB Last Updated 2021-11-06T10:02:37Z

Ilustrasi, balap mobil listrik Formula E (CNN Indonesia) 

padanginfo.com-JAKARTA- Event balap mobil listrik Formula E yang akan diselenggarakan di Jakarta pada Juni 2022 mendatang tidak ada kaitannya dengan kegiatan revitalisasi cagar budaya Monumen Nasional (Monas) beserta kawasan sekitar. Namun hal tersebut dijadikan isu negatif bagi sekelompok orang yang tidak bertanggung jawab. Para pendengung secara membabibuta mengaitkan bahwa ajang balap Formula E dijadikan isu miring terhadap revitalisasi kawasan Monas agar terkesan negatif: balap ramah lingkungan tapi merusak lingkungan Monas.

Kepala Unit Pengelola Kawasan (UPK) Monas Muhammad Isa Sarnuri yang menegaskan bahwa kegiatan revitalisasi Monumen Nasional beserta kawasan sekitar tidak berkaitan dengan penyelenggaraan balap mobil listrik Formula E. Isa menjelaskan, revitalisasi Monas merupakan program yang berbeda dengan penunjukannya sebagai tempat balapan Formula E.

"Tidak ada hubungannya dengan Formula E. Itu hanya program revitalisasi yang saat ini terhenti sementara karena 'refocusing' anggaran," kata Isa saat dikonfirmasi di Jakarta, Sabtu (9/10/2021), seperti dikutip Antara

Proyek revitalisasi Monas secara keseluruhan diawali dengan sayembara desain yang diselenggarakan oleh Pemprov DKI Jakarta pada tanggal 11 hingga 16 Desember 2018. Hal ini tidak ada kaitannya dengan event balap Formula E. Kemudian kabar terbaru, Jakpro selaku penyelenggara tidak menjadikan Monas sebagai lokasi balap mobil listrik Formula E di Jakarta.

Perlu diketahui kawasan Monas direvitalisasi agar menjadi cagar budaya kelas dunia, terintegrasi dengan kawasan wisata lain dan juga transportasi umum yang memadai. Selalin itu, juga mempercantik Ibu Kota sebagaimana Monas menjadi ikon Kota Jakarta yang dapat saling terhubung, dimana Masjid Istiqlal, Gereja Immanuel, Gereja Katedral serta Stasiun Gambir akan menjadi satu kawasan yang terintegrasi. Adapun fitnah para pendengung media sosial soal penebangan pohon di kawasan Monas, faktanya pengurangan pohon adalah untuk pembangunan Stasiun MRT Monas dan bukan bagian dari revitalisasi itu sendiri. Bahkan setiap satu pohon yang ditebang akan digantikan menjadi 10 pohon oleh MRT Jakarta sesuai Peraturan Gubernur DKI.

Sementara itu, kabar miring yang mengatakan bahwa terjadi kerusakan batu alam di kawasan Monas akibat uji coba mobil listrik event balap Formula E di Jakarta pada 2022 mendatang itu tidak benar adanya. Jakpro melakukan uji coba pengaspalan sirkuit Formula E pada 22 Februari 2020 lalu yang berlokasi di sisi timur kawasan Monas. Uji coba tersebut menggunakan geotextile yang menggunakan aspal yang sangat kecil, dan setelah uji coba selesai, lapisan geotextile tersebut kembali dilepaskan dan tidak terjadi kerusakan batu alam di kawasan tersebut. Jadi balapan mobil listrik Formula E benar-benar ramah lingkungan dan sangat memperhatikan seluruh hal yang sesuai dengan kelestarian.(*/ak)

Tag Terpopuler

×
Berita Terbaru Update