Notification

×

Indeks Berita

Gubernur Mahyeldi: Kemah Seniman Ajang Silaturahmi Karya Seni dengan Masyarakat

Kamis, 11 November 2021 | November 11, 2021 WIB Last Updated 2021-11-11T16:43:37Z

Gubernur Sumbar bersama Ketua DPRD dan Kepala Dinas Kebudayaan Sumbar pada pembukaan Kemah Seniman di Payakumbuh.

padanginfo.com - PAYAKUMBUH - Kemah seniman merupakan ajang silaturahmi karya seni seniman dengan masyarakat. Disamping itu juga mengobati rasa rindu akan karya karya seni yang sempat tertunda akibat pandemi.

Gubernur Sumbar Mahyeldi mengatakan hal itu ketika membuka Kemah Seniman Sumbar 2021 di  Kota Payakumbuh, Kamis (11/11/2021) malam. Pada acara pembukaan itu juga hadir Ketua DPRD Sumbar, Walikota Payakumbuh Riza Falepi dan Kepala Dinas Kebudayaan Sumbar Kemala Ranti selaku pelaksana kegiatan serta undangan lainnya.

Menurut Mahyeldi, Sumatera Barat merupakan salah satu lumbung seni di Indonesia. Banyak karya seniman Sumbar dikenal dunia, baik itu dibidang sastra, perupa, tari, termasuk kesenian tradisional. Untuk itu dalam kegiatan.kemah ini kalangan seniman dan seniman pemula dapat bersinergi dan bertukar pendapat dalam mengembangkan kebudayaan Sumbar, termasuk memajukan karya karya di tingkat nasional dan internasional

"Mari kita sesama seniman saling  berkarya, membangun mengembangkan kebudayaan daerah dan juga merawatnya  agar tetap lestari," ujar Mahyeldi

Sementara itu, Ketua DPRD Sumbar Supardi mengapreasi sekali  kegiatan kemah seniman itu sebagai ajang unjuk kebolehan karya karya seniman Sumbar yang dapat disaksikan warga Payakumbuh.

"Disaat pandemi ini kita bisa menggelar kegiatan kemah ini sebagai ajang pertemuan sesama seniman. Ini sesuatu yang luar biasa. Apalagi Payakumbuh disebut sebut sebagai kota festival yang  banyak.menyimpan seniman berbakat, maka dengan adanya kegiatan ini dapat membangkit semangat seniman dari daerah lain untuk berkarya," ujar Supardi

Supardi berharap ke depan kegiatan kemah seniman sumbar dapat ditingkat menjadi kemah seniman nusantara. " katanya sembari menambahkan, kemah seniman nusantara dapat saling kenal mengenal kebudayaan di masing masing provinsi

Walikota Riza Falepi menyambut baik kegiatan kemah seniman digelar di Payakumbu.Bahkan pihaknya akan memikirkan pengembangan literasi yang bisa memberi pencerahan  kepada masyarakat.

Kepala Dinas Kebudayaan Sumbar Kemala Ranti mengatakan kemah seniman ini dapat mempertemukan ide ide yang bernas dalam mengembang kebudayaan Sumbar. Selian itu ide seniman dapat pula memberi kemajuan terhadap pembangunan di Sumbar.

Kemah seniman Sumbar diikuti 200 kalangan seniman kabupaten/kota, termasuk peserta dari Riau, Sumatera Utara dan Jawa Barat.(ak)

Tag Terpopuler

×
Berita Terbaru Update