Notification

×

Indeks Berita

Komisi II DPRD Sumbar Dorong IKM Optimalkan E-Katalog

Jumat, 19 November 2021 | November 19, 2021 WIB Last Updated 2021-12-18T10:48:18Z

Komisi II DPRD Sumbar rapat kerja dengan pelaku IKM.

padanginfo.com - PADANG - Menghindari kompetisi tidak seimbang antara Industri Kerajinan Masyarakat (IKM) dengan perusahaan besar, Komisi II DPRD Sumbar dorong IKM manfaatkan platform E-katalog lokal pemerintah provinsi untuk lebih berkembang.

Dengan adanya platform tersebut, pemerintah daerah bisa langsung membeli produk IKM tanpa proses tender.

"Dengan adanya E-katalog, bisa menjadi solusi IKM agar produknya digunakan pemerintah daerah untuk mengembangkan usaha, sehingga IKM dengan fungsinya berjalan optimal," kata Ketua Komisi II DPRD Sumbar,  Arkadius Datuak Intan Bano.

E-katalog sendiri merupakan sistem informasi elektronik dari Lembaga Kebijakan Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah (LKPP) yang memuat informasi usaha, harga, dan informasi lainnya yang terkait dengan penyedia barang atau jasa. 

Selama ini, lanjutnya,  pemerintah dalam keadaan dilematis menggunakan hasil produksi IKM untuk proyek pemerintahan, selain hasil yang kurang berkualitas namun harga juga tinggi. Sebaliknya pada perusahaan besar, hasil lebih berkualitas dan harga lebih murah. 

Melihat kondisi itu, tentu akan berdampak buruk terhadap perkembangan IKM, Komisi II DPRD Sumbar mendorong pelaku IKM mendaftarkan produknya pada E-Katalog pada tahun 2022 seiring dengan program gubernur.

"Manfaat masuknya produk IKM ke e-katalog tak hanya mendapatkan pemasaran produk ke lingkup yang lebih luas, tetapi juga memiliki kesempatan untuk dilirik oleh pemerintah," katanya. 

Dia mengatakan ketika IKM berkembang akan memberikan banyak dampak positif, selain lebih banyakya perputaran uang Di Sumbar, upaya menekan angka pengangguran juga bisa terlaksana dengan baik. 

"Konsep ini,  harus berjalan optimal pada tahun 2022 karena memiliki potensi strategis, Dinas Perdagangan dan Perindustrian Provinsi Sumatera Barat sebagai pelaksana mesti lebih mensosialisasikan program ini," tegasnya.(*/pic)

Tag Terpopuler

×
Berita Terbaru Update