Notification

×

Iklan

Powered By Blogger

Indeks Berita

15 Warga Sumbar Positif Covid-19 Omicron, Jangan Panik

Sabtu, 29 Januari 2022 | Januari 29, 2022 WIB Last Updated 2022-01-29T08:35:14Z

Andani Eka Putra (dok)

padanginfo.com
- PADANG - Covid-19 varian Omicron terdeteksi di Sumatera Barat (Sumbar), Kamis 27 Januari 2022. Hal itu disampaikan Kepala Laboratorium Pusat Diagnostik dan Riset Penyakit Infeksi Fakultas Kedokteran Unand Andani Eka Putra. 


"Berdasarkan pemeriksaan di laboratorium pagi ini, dari 31 sampel yang positif, 15 sampel di antaranya Omicron. 15 Omicron atau 48 persen dari total populasi. Saya memperkirakan 48 persen populasi Covid-19 kita adalah omicron,” katanya.


Sementara Dinas Kesehatan (Dinkes) Provinsi Sumatera Barat (Sumbar) melakukan langkah penanganan Omicron.


“Sudah ada sesuai arahan Pak Andani, jadi kita lakukan itu. Kita juga sudah memberi tahu ke kabupaten kota agar mewaspadai peningkatan kasus. Jadi itu sudah kami kerjakan,” katanya Kepala Dinkes Sumbar Arry Yuswandi Kamis (27/1/2022).


Tindakan ini mengikuti saran dari Kepala Laboratorium Pusat Diagnostik dan Riset Penyakit Infeksi Universitas Andalas (Unand) dr Andani Eka Putra terkait penanganan varian Omicron.


Baca juga: Satgas Sebut 58% Pasien Covid-19 Omicorn Tanpa Gejala


Di antara sarannya yaitu rumah sakit disiapkan kembali, sebagai antisipasi awal. Kemudian dilakukan tracing lebih baik sehingga kontrol lebih mudah. Lalu protokol kesehatan juga diatur lebih baik dengan mewajibkan mal, kantor atau pasar menggunakan aplikasi Pedulindungi.


“Kita sudah meminta semua dinas di kabupaten kota agar melakukan tracking, tracing dan testing secara efektif. Kemudian kita ingatkan agar rumah sakit siapkan seperti tempat tidur dan ruangan antisipasi kasus,” katanya.


Arry menambahkan sebelum kasus Omicron ditemukan, pihaknya sudah bersurat kepada dinas kesehatan kabupaten kota dan semua rumah sakit bersiap dengan peningkatan kasus.


"Datangnya virus Omicron, pihaknya menduga datang dibawa oleh pasien yang datang dari luar Sumbar. Sebab di Sumbar selama ini belum pernah ada kasus, yang ada kasus itu seperti dari Jakarta dan beberapa daerah lainnya," terangnya.


Sementara Juru Bicara Satgas Covid-19 Sumatra Barat (Sumbar) Jasman Rizal meminta masyarakat tidak panik, terkait ditemukannya virus varian Omicron yang diumumkan ditemukan hari ini.


“Pemprov Sumbar juga terus mendorong masyarakat yang belum divaksin segera mendatangi pusat vaksinasi sebagai langkah antisipasi,” katanya.


Masyarakat yang belum vaksinasi agar segera vaksin. Kemudian yang baru vaksin satu kali juga segera mengikuti vaksin kedua.


“Kita siap dengan kondisi apapun, Sumatra Barat sudah siap jauh-jauh hari, dari awal sudah siap dengan kondisi terburuk, yang penting masyarakat jangan panik,” katanya.(okenews)

Tag Terpopuler

×
Berita Terbaru Update