Notification

×

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Tag Terpopuler

7 Manfaat Salak, Salah Satunya Menurunkan Berat Badan

Kamis, 06 Januari 2022 | Januari 06, 2022 WIB Last Updated 2022-01-06T01:46:11Z

Foto dirilis Rabu (23/6/2020), memperlihatkan buah-buah salak condet belum dipanen di Kebun Cagar Buah Condet (KCBC), Balekambang, Kramat Jati, Jakarta Timur. Upaya pelestarian salak condet sebagai maskot DKI Jakarta kini terus berpacu dengan pesatnya alih fungsi lahan hijau. Segala daya dan upaya terus dilakukan agar salak condet tidak punah dari bumi Jakarta.(ANTARA FOTO/ADITYA PRADANA PUTRA)


padanginfo.com- 
Salak, buah berkulit sisik berwarna coklat, mudah ditemukan di Indonesia. Salak ini mempunyai ciri khas buahnya yang empuk dan terdapat biji keras berwarna coklat di dalamnya. 

Salak yang mempunyai nama ilmiah Salacca zalacca ini asli dari Indonesia. Buah yang termasuk famili Arecaceae berasal dari pohon jenis palem bertangkai pendek. Kabar baiknya, ternyata salak sarat akan nutrisi seperti protein, kalsium, zat besi, kalium, vitamin C, beta karoten, dan karbohidrat. Kekayaan nutrisi tersebut menjadikan salak sebagai buah yang sehat dan bermanfaat bagi tubuh. Sebanyak 100 gram salak memberikan sekitar 82 kalori, mengandung 4 persen lemak, dan 1 persen protein.


Selain itu juga mengandung unsur penting seperti serat makanan dan senyawa fenolik. Baca juga: 13 Manfaat Petai untuk Kesehatan, Apa Saja? Apa saja manfaat salak bagi kesehatan tubuh?


 1. Mata 

Sebuah penelitian mengungkapkan bahwa buah salak mengandung beta-karoten yang baik untuk mata. Antioksidan dan beta karoten yang terdapat dalam salak membantu dalam mencegah cacat mata seperti rabun jauh. Mengonsumsi salak secara teratur dalam diet, menjadi alternatif yang baik untuk menjaga kesehatan mata. Salak mengandung sekitar lima kali lebih banyak beta karoten dibandingkan semangka dan mangga.


 2. Pencernaan 

Salak kaya akan serat dan vitamin yang membantu meredakan sakit perut, buang air besar tidak teratur, perut kembung, dan masalah lain yang berhubungan dengan gangguan pencernaan atau diare. Kulit batang dari buah salak mengandung senyawa yang dapat mengobati diare dengan cepat. Baca juga: Kandungan Nutrisi dan Manfaat Madu Akasia untuk Kesehatan 


3. Kardiovaskular 

Salak kaya kandungan potasium yang membuat jantung lebih sehat. Kandungan antioksidan dan mineral yang tinggi menjaga sistem kardiovaskular berfungsi dengan baik dan membantu dalam pengaturan air dalam tubuh. 


4. Meningkatkan daya ingat

 Melansir Medindia, salak kaya akan potasium dan pektin, yang dapat meningkatkan fungsi kognitif tubuh dan memori.


 5. Menurunkan berat badan 

Kandungan serat dan antioksidan yang tinggi menjadikan salak sebagai makanan yang dicari untuk diet menurunkan berat badan. Kandungan kalsium dan karbohidrat yang memberikan energi dan stamina diperlukan tubuh saat menurunkan berat badan. Teh dari salak menjadi zat hebat yang berguna dalam menurunkan berat badan. Baca juga: Kenali 7 Tanda Terlalu Banyak Minum Air Putih yang Bisa Membahayakan Kesehatan Halaman Selanjutnya 


6. Gula darah

 Kulit buah salak saat dibuat menjadi teh dapat membantu regenerasi sel di pankreas yang mengontrol diabetes. Selain itu, juga terkandung pterostilbene yang merupakan agen penurun glukosa darah yang membantu dalam mengendalikan diabetes. 


7. Mengurangi risiko wasir 

Salak, buah padat nutrisi, membantu meningkatkan kesehatan tubuh secara keseluruhan. Nutrisi termasuk vitamin dan mineral penting membantu menjaga fungsi tubuh dengan tepat. Antioksidan membantu memerangi kerusakan sel dan jaringan, serta mencegah tubuh dari kerusakan karsinogenik berbahaya-(Kompas.com)-

×
Berita Terbaru Update