Notification

×

Iklan

Powered By Blogger

Indeks Berita

Alumni Pesantren di Sumbar Diharapkan Banyak Kuliah di Timur Tengah

Minggu, 23 Januari 2022 | Januari 23, 2022 WIB Last Updated 2022-01-23T04:45:53Z

 


 


Padanginfo.com-PEKANBARU- Gubernur Sumatera Barat Mahyeldi Ansharullah berharap alumni pesantren di Sumbar banyak meneruskan pe didikan ke perguruan tinggi di Timur Tengah.


“Saya berharap begitu. Untuk itu dalam waktu dekat, Sumbar akan mengadakan MoU dengan berbagai universitas di sana,” kata Buya Mahyeldi pada pertemuan Ikatan Keluarga Alumni Thawalib Riau (IKATR) di Pekanbaru, Sabtu 22 Januari 2022.


Kehadiran Buya Mahyeldi pada sidang pleno dan temu ramah alumni  ini merupakan bagian dari rangkaian kunjungan kerja gubernur menindaklajuti MoU antara Pemprov Sumbar dengan Pemprov Riau, sekaligus yang memenuhi undangan perantau-perantau Minangkabau di Bumi Lancang Kuning.


Pada kesempatan menjumpai alumni Pondok Pesantren Thawalib tersebut, Buya Mahyeldi memberikan apresiasi atas kuatnya ikatan persaudaraan seperantauan para alumni. Ponpes Thawalib pun telah lama dikenal karena melahirkan tokoh-tokoh nasional.


Lebih lanjut ia menyampaikan bahwa Sumbar sangat serius dengan pengembangan pondok pesantren. Diantara upaya yang dilakukan pemerintah yaitu melalui kerja sama dengan provinsi maupun universitas di berbagai negara yang ada di Timur Tengah.


Bahkan dalam waktu dekat ini, Pemprov. Sumbar akan melakukan kerja sama sister province dengan Provinsi Bursa Turki, serta mengundang Duta Besar Arab Saudi untuk hadir ke Sumatera Barat, yang juga telah menyatakan siap memfasilitasi pertemuan Sumbar dengan 18 negara lainnya di Timur Tengah.


"Prioritas kita adalah bagaimana ke depan alumni-alumni pesantren di Sumbar dapat diterima di berbagai universitas di Timur Tengah," ujarnya.


Di saat yang sama, Pemerintah Sumatera Barat juga tengah serius  untuk memplementasikan filosofi adat basandi syarak, syarak basandi kitabullah, dengan menjadikan Mesjid Raya Sumbar sebagai pusatnya.


"Harapan kita tentu Thawalib terus memberikan kontribusi positif. Karena telah banyak melahirkan tokoh-tokoh hebat. Di antaranya Perdana Menteri Pertama RI M.Natsir dan ulama mendunia Buya Hamka.


Pondok Pesantren Sumatera Thawalib Parabek adalah sebuah sekolah Islam yang menerapkan sistem pendidikan dengan pembaharuan. Pesantren ini berlokasi di Banuhampu, Kabupaten Agam, Sumatra Barat. Pada awalnya adalah Madrasah Sumatera Thawalib Parabek yang didirikan tahun 1910 oleh Syekh Ibrahim Musa.


Saat ini, Pesantren Sumatera Thawalib berjalan dengan sistem Madrasah dalam pesantren mengejar keseimbangan antara aspek pengajaran yang menekankan pada proses transformasi ilmu pengetahuan dan aspek pendidikan yang menekankan pada pembentukan kader ulama. Pesantren ini merupakan pondok pesantren tertua di Sumatera dan pondok pesantren yang mengaplikasikan pembelajaran kitab kuning.


Demikian Siaran Pers yang disampaikan Media Centre Pemprov Sumbar melalui Dinas Komunikasi, Informasi dan Statistik. (in).

 

 

 

Tag Terpopuler

×
Berita Terbaru Update