Notification

×

Indeks Berita

Ayo Waspada, Virus Corona Varian Omicron Dikabarkan Masuk Sumatera Barat

Kamis, 27 Januari 2022 | Januari 27, 2022 WIB Last Updated 2022-01-27T03:47:52Z

Varian Omicron dikabarkan masuk Sumbar (jatim.suara.com)

padanginfo.com
-PADANG  – Virus corona varian omicron dikabarkan  telah masuk ke Sumatera Barat setelah Laboratorium Pusat Diagnostik dan Riset Penyakit Infeksi Universitas Andalas, Padang mendapatkan 15 sampel dari 31 sampel yang diuji hari ini merupakan varian baru tersebut.


Juru Bicara Satgas COVID-19 Sumbar Jasman di Padang, Kamis (27/1) mengingatkan masyarakat tidak perlu panik karena dengan vaksinasi, gejala klinis varian omicron tidak terlalu berat.


“Pemprov Sumbar mendorong agar masyarakat yang belum divaksin segera mendatangi pusat vaksinasi sebagai langkah antisipasi,” katanya.


 Ia juga mengingatkan agar masyarakat termasuk yang telah divaksin untuk tidak lengah dan tetap menaati protokol kesehatan untuk meminimalkan risiko terpapar.


Sementara itu Kepala Laboratorium Pusat Diagnostik dan Riset Penyakit Infeksi Universitas Andalas, Padang Dr Andani Eka Putra mengatakan pihaknya menguji 31 sampel positif hari ini dan hasilnya 15 sampel omicron atau 48 persen dari total populasi.


“Saya memperkirakan 48 persen populasi COVID-19 kita adalah omicron. Data ini sinkron dengan peningkatan PR dari 0.1, naik 0,4, 0,6, 0,8 dan 1 persen. Hampir sama dengan data PR Jawa – Bali dan di atas non Jawa – Bali yang hanya 0.14 persen,” jelasnya.


Ia mengusulkan agar vaksinasi terutama untuk lansia digencarkan karena karena peningkatan vaksinasi menyebabkan gejala klinis tidak terlalu berat.


Rumah Sakit harus disiapkan kembali sebagai antisipasi awal dan tracing dibuat lebih baik, sehinga kontrol lebih mudah.


Ia juga menganjurkan protokol kesehatan diatur dengan baik dan mewajibkan mal, kantor atau bahkan pasar menggunakan aplikasi peduli lindungi. (*/ak)


Tag Terpopuler

×
Berita Terbaru Update