Notification

×

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Tag Terpopuler

DR. Mahriyuni, M.Hum, Sekretaris LLDIKTI Wilayah Sumut Beri Kuliah Umum di Almamater Perguruan Adabiah

Sabtu, 08 Januari 2022 | Januari 08, 2022 WIB Last Updated 2022-01-08T11:22:41Z

 

DR. Mahriyuni, M.Hum  (dua dari kiri) didampingi Ketua Umum PAA  Ir. Jhon Pieter (baju putih) dan DR. Yulia Hendri Yeni,MT (asesor BAN/alumni Adabiah) dan Ketua Pengurus YSO Azmal Zen.


Padanginfo.com-PADANG-Bila selama ini kuliah umum diberikan kepada mahasiswa, kali ini kuliah umum diberikan kepada tenaga dosen dan pengurus serta pengawas Yayasan Syarikat Oesaha (YSO) Adabiah, pengelola sekolah-sekolah Adabiah.

 

Itulah yang dilakukan oleh DR.Mahriyuni, M.Hum, Sekretaris Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi (LLDIKTI} Wilayah I Sumatera Utara, dihadapan dosen dan pengelola Perguruan Adabiah, Jumat 7 Januari 2022.

 

Meski berbeda wilayah LLDIKTI dengan Sumatera Barat-  Yuni, panggilan akrabnya, adalah alumni SD dan SMP Adabiah, lebih kurang 40 tahun lalu. Dalam perkembangan, perguruan yang berada di bawah YSO  ini awalnya mengelola pendidikan dari TK, SD, SMP dan SMA. Namun dalam perkembangannya, berdiri pula Sekolah Tinggi Ilmu Administrasi (STIA) Adabiah.

 

“Saya sudah 40 tahun tidak menginjakkan kaki ke sini. Sungguh luar biasa perkembangan Adabiah. Dan saya ingin berbagi  pengalaman sesuai bidang ilmu saya di sini,” sebut Yuni.

 

Yuni menyampaikan, sebuah perguruan tinggi akan diminati apabila program studi memiliki akreditasi yang baik, A atau B, dosen-dosennya bagus. Kemudian juga, peluang kerja setelah tamat terbuka lebar.

 

STIA Adabiah dengan dua program studi yang dimiliki, Administrasi Publik dan Administrasi Bisnis, memiliki peluang yang besar untuk menjaring mahasiswa lebih banyak. Apalagi potensi pasarnya ada dalam lingkungan sendiri, SMA Adabiah.

 

Untuk itu, ingat Yuni, kepada  civitas  STIA Adabiah dia meminta lebih proaktif dalam menjalankan tugas dan fungsi sebagai dosen. Dosen jangan melempem. Aktiflah  menulis di jurnal, lakukan kegiatan-kegiatan lain yang bersifat akademik, sehingga publik mengenal lebih luas kualitas dosen dan kualitas perguruan tinggi ini.


Saat ini, STIA Adabiah memiliki status akreditasi B untuk Administrasi Publik dan persiapan akreditasi untuk Administrasi Bisnis.


Dalam hal ini, untuk persiapan akreditasi, Yuni menyampaikan, siapkan borang akreditasi dengan lengkap. Karena salah satu komponen borang tidak lengkap, maka sistim akan menolaknya.


Di antara yang perlu dipersiapkan adalah SPMI (Sistim Penjamin Mutu Internal). SPMI dianggap penting karena terkait dengan proses pendidikan dan dijalankan oleh seluruh komponen dalam satuan pendidikan.


“Demikian juga dengan jabatan fungsional. Untuk mendapatkan jafung dosen harus mengajukan penilaian angka redit dan kegiatan yang diajukan sesuai dengan kebutuhan yang diajukan tiap jenjang,” jelas Yuni yang juga asesor BAN PT.


 Yuni juga menantang  para dosen untuk membuat penelitian.   Penelitian  bagi seorang dosen sangat mutlak dilakukan. Karena ini juga menyangkut nilai dan kualitas dosen itu sendiri sebagai tenaga pengajar. Pemerintah sendiri menyediakan anggaran banyak untuk penelitian.

“Saatnya sekarang, bagaimana kita mensiasati dan proposal bisa diterima,” sebut Yuni.

 

Kunjungan Sekretaris LLDIKTI Wilayah I Sumut ke Adabiah diberi tajuk “Penguatan Tata Kelola dan Pengembangan Program Studi Menuju Perguruan Tinggi Bermutu dan Unggul”

 

Kegiatan ini diselengarakan oleh Perkumpulan Alumni Adabiah (PAA) dalam rangka rangkaian kegiatan bhakti alumni untuk almamater. Hadir juga dalam kesempatan itu Ketua Pengurus YSO Adabiah Drs. Azmal Zen, Ketua Umum PAA Jhon Pieter dan Sekretaris Umum PAA Sofia Hariani serta pengurus lainnya. (in).

 

 

 

 

 

×
Berita Terbaru Update