Notification

×

Iklan

Powered By Blogger

Indeks Berita

Gubernur Mahyeldi Ajak Perantau Agam di Riau Bersinergi Membangun Sumbar

Minggu, 23 Januari 2022 | Januari 23, 2022 WIB Last Updated 2022-01-23T04:15:58Z

 



Padanginfo.com-PEKANBARU-Gubernur Sumatera Barat Mahyeldi Ansharullah mengajak perantau Kabupaten Agam yang bedomisili di Riau untuk bersinergi membangun Sumatera Barat.


“Setelah reformasi, kita sudah membuat aturan dalam Perda untuk babaliak ka nagari, babaliak ka surau.  Ini adalah makna yang tepat bagi kita untuk membangun daerah asal. Kemanapun kita pergi merantau, ikatan bernagari kita terlihat  kuat,” kata Mahyeldi dalam sambutan pada acara Milad Ikatan Keluarga Luhak Agam Riau (IKLA) ke-21, di Hotel Grand Suka Pekanbaru, Sabtu (22 Januari 2022.


Dikatakan Mahyeldi, secara historis, nagari-nagari di Sumatera Barat, tak terkecuali Agam, telah banyak melahirkan tokoh-tokoh nasional. Meskipun tokoh-tokoh itu merantau, tetapi nilai-nilai  keminangkabauan tetap mewarnai kepribadian dan karakter mereka.

 

"Sebagaimana ditunjukkan lewat Milad ke 21 tahun IKLA Riau ini, tentu merupakan wujud dari kuatnya ikatan sesama perantau terhadap nagari asalnya,” ujar gubernur yang juga urang Agam.

 

Oleh karena itu, Mahyeldi mengatakan, ke depan pemerintah ingin memperkuat lagi ikatan antara ranah dan rantau, apalagi dalam situasi seperti sekarang, dimana situasi ekonomi sedang berusaha bangkit. Sangat penting untuk memperkuat semangat persaudaraan, karena menurut Buya Mahyeldi potensi kebangkitan itu berada pada rakyat.

 

"Mari sinergikan potensi ranah dan rantau, karena potensi kebangkitan tak hanya bergantung pada pemerintah, tetapi juga berada pada sinergitas dengan masyarakat. Perantau bersatu, perantau sukses, masyarakat Minangkabau sukses, Sumatera Barat sukses," ujarnya.


Tak hanya itu, kepada para perantau, Gubernur juga menjelaskan, Pemprov Sumbar sudah membuat MoU dengan provinsi-provinsi yang mengelilingi Sumatera Barat.


"Pemprov Sumbar telah mengikat MoU dengan Pemprov Riau, harapan ambo perantau memberikan dukungan dan berkontribusi menggerakkan kerjasama lewat investasi. Nanti hasil dari industri yang sudah bergerak juga bisa untuk mensupply kebutuhan masyarakat Riau," ajak Mahyeldi.

 

Sementara itu mewakili perantau Agam, Ketua IKLA Riau HM Hanafi mengatakan pihaknya bersama Ikatan Keluarga Minangkabau Riau (IKMR) juga akan berkomitmen untuk medukung MoU antara Pemerintah Riau dan Pemerintah Sumatera Barat.


"Kami menyambut baik dan berkomitmen untuk mendukung MoU antara Riau dan Sumatera Barat," ungkapnya.

 

Tampak hadir bersama Buya Mahyeldi pada Alek masyarakat Agam itu, Bupati Agam Andri Warman, Walikota Bukittinggi, Erman Safar, serta mantan Menteri Sosial RI, Bachtiar Chamsyah.

 

Demikian Siaran Pers yang disampaikan Media Centre Pemprov Sumbar melalui Dinas Komunikasi, Informasi dan Statistik. (in).

 


Tag Terpopuler

×
Berita Terbaru Update