Notification

×

Iklan

Powered By Blogger

Indeks Berita

Gubernur Sumbar Letakkan Batu Pertama Pesantren Ar-Risalah 2 Airpura Pessel

Senin, 24 Januari 2022 | Januari 24, 2022 WIB Last Updated 2022-01-23T22:56:01Z

 


Gubernur Sumbar Mahyeldi bersama Pimpinan Yayasan Wakaf Ar-Risalah Irsyad Syafar (kanan) berfoto seusai peletakan batu pertama.

Padanginfo.com-PESSEL-Pesantren Ar-Risalah yang berlokasi di Lubuk Minturun Padang mengembangkan sayap dengan membuka cabang di Airpura Pesisir Selatan. Gubernur Sumbar Mahyeldi Ansharulah melakukan peletakan batu pertama pembangunan komplek pesantren itu, Ahad, 23 Januari 2022.

 

Dalam sambutannya Gubernur Mahyeldi berharap, Pesantren Ar-Risalah 2 di Pessel dapat berkembang seperti yang di Padang.

 

“Sebagai lembaga pendidikan berbasis agama Islam, saya berharap Ar-Risalah dapat melahirkan generasi muda yang Islami dan berkarakter,” kata Gubernur Mahyeldi.

 

Di sisi lain, lanjut buya, kehadiran sebuah sekolah diharapkan dapat  memberi dampak ekonomi bagi lingkungan sekitar. Yakni dengan berputarnya roda perekonomian warga.

 

“Hadirnya pesantren di suatu tempat tak hanya sebagai sarana belajar para santri, tetapi juga dapat membeikan stimulus bagi pergerakan roda perekonomian masyarakat setempat. Santri-santri-santri yang nantinya tinggal di asrama tentu memiliki kebutuhan. Kebutuhan itu hendaknya disediakan melalui warung-warung milik masyarakat di sini,” ujar Mahyeldi.

 

Buya Mahyeldi juga berharap kehadiran pesantren Ar Risalah 2 di Pessel dapat menjadi sentra baru pengembangan pendidikan dan ilmu agama Islam di kawasan Pesisir Selatan dan sekitarnya.

 

Pada kesempatan yang sama, Ali Badri, selaku Dewan Pembina Yayasan Raudhatul Risalah, yang menginisiasi pendirian pesantren ini, juga berterimakasih atas kehadiran Gubernur Sumatera Barat ini. Ia meminta dukungan dari pemerintah serta masyarakat untuk kelancaran pembangunan pesantren ke depan, terutama untuk akses pembangunan jalan.

 

"Yayasan ini adalah yayasan wakaf, semua asetnya adalah wakaf umat, oleh karena itu kami ingin mengajak masyarakat untuk ikut serta berwakaf. Untuk akses jalan sudah didapat dari wakaf pula, untuk itu kita minta dukungan dari pemerintah provinsi maupun Pemkab Pessel untuk membantu pembangunan jalan," kata Ali Badri.

 

Pondok Pesantren Ar-Risalah   berada di bawah naungan  Yayasan Wakaf Ar-Risalah. Didirikan pada 23 Juni 2003. Dibuka pertama kali di Cupak, Gunung Talang, SolokPerguruan Islam Ar-Risalah fokus dalam pengembangan pendidikan dengan pola asrama. Seorang inisiatornya adalah Irsyad Syafar yang kini menjabat Wakil Ketua DPRD Sumbar.


Sejak 2009, karena keterbatasan lahan, kegiatan belajar mengajar untuk setiap jenjang pendidikan perguruan dipindahkan ke Padang. Saat ini, Ar-Risalah telah berkembang menjadi perguruan dengan jenjang pendidikan PAUD, RA, SD, SMP, dan MA.

 

Demikian Siaran Pers yang disampaikan Media Centre Pemprov Sumbar melalui Dinas Komunikasi, Informasi dan Statistik. (in).

 

Tag Terpopuler

×
Berita Terbaru Update