Notification

×

Iklan

Powered By Blogger

Indeks Berita

MUI Kota Sibolga Studi Penguatan Ekonomi Umat ke Sumbar

Minggu, 30 Januari 2022 | Januari 30, 2022 WIB Last Updated 2022-01-30T10:20:24Z


 



Pengurus MUI Kota Sibolga bersama Gubernur Mahyeldi

Padanginfo.com-PADANG-
Penmgurus Majelis Ulama Kota (MUI) Sibolga berkunjung ke Sumbar. Sasaran kunjungan adalah untuk melihat penguatan ekonomi kerakyatan melalui penerapan non waralaba dan pelaksanan program tahfiz yang dinilai MUI Sibolga menarik untuk ditiru.

 

Diterima Gubernur Sumatera Barat Mahyeldi Ansharullah di Gubernuran, Sabtu 29 Januari 2022, Ketua MUI Sibolga H. Torkisma Panggabean mengatakan, dipilihnya Sumatera Barat untuk studi banding karena daerah ini punya filosofi adat basandi syarak, syarak basandi kitabullah.

 

Penerapan filosofi itu, kata Panggabean, menunjukkan tingginya kearifan local di Sumatera Barat. “Inilah yang akan kami tiru untuk diterapkan dalam kehidupan masyarakat muslim di Sibolga,” katanya.

 

Gubernur menyambut baik kehadiran rombongan dan menjawab semua pertanyaan yang diajukan dengan spesifik dan mendetail. Menurutnya, Sumbar sebagai daerah dengan penduduk mayoritas minang dan muslim,  memiliki falsafah ABS-SBK yang  dipegang teguh oleh masyarakat dan pemerintah, sehingga salah satu visi Pemprov Sumbar adalah menjadikan masjid sebagai pusat penerapan ABS-SBK.

 

"Sesuai tradisinya, setiap suku di Minangkabau memiliki surau dan di nagari juga ada masjid nagari sebagai pusat berkegiatan masyarakat. Inilah yang ingin kita pertahankan dan perkuat, inilah kearifan lokal Minangkabau. Dengan menyatukan potensi tigo tungku sajarangan sebagai modal utama," kata Mahyeldi.

 

Terkait perekonomian, gubernur memaparkan kekuatan ekonomi di Sumbar adalah Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM). Dengan jumlah perusahaan besar yang tidak banyak, sehingga keberlangsungan UMKM menjadi suatu keharusan yang pada akhirnya menjadi jawaban kenapa waralaba retail seperti yang banyak di kota-kota besar lainnya, tidak ditemukan di Sumbar.

 

Sementara itu, mengenai program tahfiz, menurut gubernur memang telah menjadi program unggulan sejak beliau menjabat Walikota Padang, dengan mensinergikan dengan dunia pendidikan. Misalnya memberikan kemudahan masuk sekolah maupun perguruan tinggi negeri tanpa tes akademis bagi hafiz Qur'an. Termasuk memberikan fasilitas bagi para tahfiz menjadi imam tetap di masjid-masjid. 


Demikian Siaran Pers yang disampaikan Dinas Komunikasi, Informasi dan Statistik Pemprov Sumbar.(in).

Tag Terpopuler

×
Berita Terbaru Update