Notification

×

Indeks Berita

Wagub Audy Temui Dirjen Kebudayaan Minta Dukungan Rehabilitasi Situs Budaya

Rabu, 26 Januari 2022 | Januari 26, 2022 WIB Last Updated 2022-01-25T23:34:49Z

 


Wagub Audy bersama Dirjen Kebudayaan Hilman Farid didampingi Bupati 50 Kota Saparuddin dan Kadis Kebudayaan Syaifullah.

Padanginfo.com-JAKARTA
-Wakil Gubernur Sumatera Barat Audy Joinaldy menemui Dirjen Kebudayaan Hilman Farid, Selasa (25 Januari 2022 di Jakarta.  Bersama Bupati Limapuluh Kota Safaruddin, Kepala BPSDM Jefrinal Arifin, serta Kadisbud Sumbar Syaifullah, Wagub berharap dukungan dirjen untuk rehabilitasi sejumlah situs budaya di Sumbar.

 

Sedikitnya ada tujuh situs budaya yang disampaikan Wagub Audy untuk ditindaklanjuti rehabilitasinya. Yakni rehabilitasi museum dan makam Tuanku Imam Bonjol, Ombilin Coal Mining Heritage of Sawahlunto (OCMHS), Museum PDRI, hingga penyelenggaraan program prioritas kebudayaan Nasional di Sumbar.

 

Ditjen Kebudayaan mendukung upaya percepatan tindak lanjut rehabilitasi dan pembangunan situs-situs budaya di Sumbar. Hilmar menjelaskan, untuk merealisasikan percepatan ini, seluruh stakeholders yang berkaitan harus cepat berumbuk. Hal ini mengingat beberapa situs budaya memang dalam kondisi yang cukup urgent untuk segera ditindaklajuti.

 

"Seperti makam Imam Bonjol yang berada di Minahasa, itu kita harus segera berkomunikasi dengan Pemprov. Sulut, Dinas Kebudayaan dan Dinas Sosialnya." ujar Hilmar.

 

Sementara khusus untuk Warisan Tambang Batubara Ombilin di Sawahlunto (OCMHS), ia mengatakan bahwa pengelolaan situs warisan budaya dunia itu harus dikelola oleh badan pengelola khusus yang terdiri dari pemerintah, pengusaha dan komunitas. Hilmar mengaku pihaknya tengah menyegerakan pembentukan badan pengelola itu. terutama .

 

"Ini sangat urgent, mengingat penetapan Tambang Ombilin sebagai world heritage pada sudah sejak 2019 lalu," kata Hilman.

 

Disamping itu, dalam audiensi yang berlangsung hangat itu, Wagub Sumbar Audy Joinaldy juga mengatakan, selain badan pengelola OCMHS, pemerintah provinsi juga tengah mengupayakan reaktivasi jalur kereta api Sawahlunto.

 

"Untuk di Sawahlunto kita juga upayakan reaktivasi jalur kereta api. Langkah-langkah nya saat ini sedang dikoordinasikan dengan PT. KAI," katanya.

 

Wagub Audy menyampaikan rencana strategis pengembangan situs budaya dan potensi wisata di Limapuluh Kota. Sebagai peraih berbagai penghargaan pariwisata pada tahun 2021 lalu, sekaligus tuan rumah peristiwa PDRI, ia mengatakan Limapuluh Kota sangat potensial.

 

"Limapuluh Kota sudah punya modal berbagai penghargaan, karena itu sangat potensial untuk kita kembangkan lagi pariwisata dan situs budaya nya,"  jelas Audy.

 

Demikian Siaran Pers yang disampaikan Media Centre Pemprov Sumbar melalui Dinas Komunikasi, Informasi dan Statistik. (in).

 

 

Tag Terpopuler

×
Berita Terbaru Update