Notification

×

Indeks Berita

DPRD Sumbar Setuju Hibah Tanah BNPB Untuk Pembangunan Balai Besar Logistik Kebencanaan

Jumat, 11 Februari 2022 | Februari 11, 2022 WIB Last Updated 2022-02-11T02:52:04Z

Gubernur Mahyeldi dan Ketua DPRD Supardi (dok)

padanginfo.com-
PADANG- Prinsip DPRD Sumbar menyetujui permohonan hibah tanah oleh Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) yang  akan dibangun menjadi Balai Besar Logistik Kebencanaan Regional Sumatera. Namun, BNPB diminta melengkapi semua persyaratan sebelum hibah ini disetujui DPRD.


Ketua DPRD Sumbar Supardi menegaskan hal itu ketika rapat kerja dengan Gubernur Sumbar Buya Mahyeldi dan Kepala UPT. BNPB Sumbar, Bambang Warsito, bersama seluruh pimpinan Komisi DPRD dan Jajaran OPD Pemprov Sumbar di ruang rapat Gedung DPRD, Kamis (10/2/2022).


Supardi meminta keseriusan dari BNPB dalam pembangunan Balai Besar Logistik seluas 2 hektar ini. Pihaknya juga bersedia menandatangani surat keputusan pembangunan Balai Besar Logistik ini segera mungkin, sehingga anggaran untuk pembangunan bisa segera disiapkan.


Gubernur Mahyeldi juga memberikan dukungan terhadap rencana pembangunan tersebut. Menurutnya keberadaan Balai Besar Logistik Kebencanaan BNPB untuk mengcover wilayah sumatera sekaligus balai diklat, merupakan suatu langkah strategis dalam upaya penanggulangan bencana di Sumatera.


“Kehadiran balai logistik dan diklat ini nantinya akan menjadikan Sumbar sebagai menjadi sentra penanggulangan bencana di Sumatera, khususnya untuk logistik.

Sebab ketersediaan logistik itu ada disini (Sumbar) sehingga penanggulangan bencana di Sumbar pun akan lebih cepat,” ungkap gubernur.


“Kami juga mengucapkan terimakasih pada ketua DPRD dan pimpinan komisi yang telah merespon dan menggelar rapat kerja hari ini. Karena persetujuan hibah ini terletak pada DPRD,” lanjut gubernur.


Lebih lanjut gubernur juga menyampaikan latar belakang pelaksanaan hibah, yakni surat Kepala BNPB kepada Gubernur Sumatera Barat nomor : B-491/KA.BNPB/OT.01.01/06/2021 tanggal 29 Juni 2021 perihal Permohonan Rekomendasi Pembentukan Balai Besar Logistik Bencana Alam. Kemudian, adanya permohonan secara langsung/lisan dari Sekretaris Utama BNPB pada saat kunjungan ke Sumbar bersama Komisi VIll DPR RI, Kementerian dan Lembaga Pusat perihal Pembentukan UPT BNPB menjadi Balai Besar Logistik dan Kediklatan Regional Sumatera di Sumatera Barat.


Sementara Kepala UPT BNPB, Bambang Warsito, berharap dengan adanya Pusat Balai Besar Logistik di Sumbar penanggulangan bencana kedepannya akan cepat dilakukan. (in)


Tag Terpopuler

×
Berita Terbaru Update