Notification

×

Indeks Berita

HK Siapkan Dana 52 Miliar, Ganti Rugi Tol Padang-Pekanbaru Segera Dilanjutkan

Selasa, 08 Februari 2022 | Februari 08, 2022 WIB Last Updated 2022-02-08T02:53:52Z


padanginfo.com-PADANG-Proyek strategis nasional pembangunan tol Padang-Pekanbaru terus menunjukkan progres siginifikan. Hingga Januari 2022 capaian pembebasan lahan ruas I Padang-Sicincin tercatat telah mencapai angka 57%. Sementara proses pembebasan untuk seksi Padang-Kapalo Hilalang yang sempat terhambat juga sudah menemukan titik terang. 

Hal ini terungkap dalam rapat tim percepatan pembangunan jalan tol Padang-Pekanbaru yang dihadiri oleh Wakil Gubernur Sumbar, Audy Joinaldy, bersama Kementrian PUPR, PT. Hutama Karya, BPN, serta Forkompimda Sumbar di Padang, Senin 7 Januari 2022.

Diketahui dari pembahasan rapat tersebut, penggantian kerugian lahan Seksi Padang-Kapalo Hilalang sejumlah 56 bidang tanah sudah mulai diproses melalui skema konsinyasi. 

Guna mempercepat proses penggantian, Kementrian PUPR telah mengajukan permohonan dana talang pada PT. Hutama Karya. Hutama Karya (HK).

Dalam hal ini HK telah menyampaikan kesediaan untuk menyiapkan dana talang sebesar Rp52 milyar untuk 46 bidang tanah. Sementara tujuh bidang tanah lainya masih dilakukan penilaian, dan tiga bidang tanah masih dalam proses perbaikan penilaian oleh appraisal. 

Nantinya dana talang tersebut akan dititipkan ke Pengadilan Negeri Pariaman, sambil menunggu ketetapan pengadilan bagi  56 bidang tanah, sesuai alur yang diatur dalam PP no. 19 tahun 2021 dan PERMA no. 2 tahun 2021. 

Ke 56 bidang tanah yang dimaksud, yaitu 12 bidang di Nagari Sungai Buluh Selatan, 3 bidang di Sungai Buluh Barat, 2 Bidang di Sungai Buluh Utara, 17 bidang di Nagari Buayan, 1 bidang di Lubuk Alung, 1 bidang di Balah Hilia, 6 bidang di Pasia Laweh, 7 bidang di Sicincin, serta 7 bidang yang masih dalam penilaian di Parit Malintang. Semua kini telah menjadi prioritas dalam proses percepatan pembebasan lahan guna pembangunan tol Padang-Pekanbaru.

Manager Pengendali dan Pelaksana PT. HK, Berlin Tampubolon,  mewakili Project Director dalam rapat tersebut mengatakan, khusus untuk potensi 56 bidang tanah yang menjadi lahan prioritas, pihaknya telah mengajukan alokasi dana talangan. 

"Ini menjadi prioritas kita. Lokasi konstruksi bisa diajukan untuk menalangi konsinyasi. Untuk mempercepat proses, direksi Hutama Karya juga telah mengalokasikan dana pembangunan untuk dijadikan talangan" kata Tampubolon. 

Sembari proses  berjalan, Berlin berharap dukungan dari seluruh stakeholders, terutama Pemprov Sumbar, Pengadilan Negeri dan Pengadilan Tinggi untuk melakukan pendekatan agar eksekusi lahan konsinyasi  berjalan lancar. 

Wakil Gubernur Sumbar, Audy Joinaldy mengatakan Pemprov Sumbar mengapresiasi progres pembangunan yang semakin menampakkan titik terang berkat  kerjasama yang baik dari tim percepatan pembangunan jalan tol Padang-Pekanbaru. 

"Progress di jalan tol  semakin terang, karena koordinasi dan kerjasama yang baik. Saya sangat mengapresiasi, terutama pada Hutama Karya yang bersedia menyiapkan dana talangan untuk konsinyasi," kata Audy. 

Demikian Siaran Pers Dinas Kominfotik Sumbar. (in)

Tag Terpopuler

×
Berita Terbaru Update