Notification

×

Indeks Berita

Perketat Prokes, Hampir Semua Pasien Positif Sumbar Terpapar Covid Varian Baru Omicron

Kamis, 03 Februari 2022 | Februari 03, 2022 WIB Last Updated 2022-02-03T03:09:54Z

Andani Eka Putra  (dok)

padanginfo.com
-PADANG-Warga Sumatera Barfat diminta perketat protokol kesehatan (Prokes, sebab angka positif Covid-19 di Sumbar kembali merangkak naik. Mereka yang positif Hampir semuanya terpapar covid varian baru Omicron.


“Saya hanya menginformasikan bahwa PR (pekerjaan rumah)  kita sudah naik ke angka 7%, dan hampir 100%, orang yang positif di Sumbar adalah omicron. PR kita tinggi, jelas karena tracing tidak optimal, rasio tracing masih 3-4. Cepatnya kita mencapai 100%, salah satunya ada yang salah dengan prokes,” kata Kepala Laboratorium Pusat Diagnostik dan Riset Penyakit Infeksi Universitas Andalas Padang, dr. Andani Eka Putra, dalam grup WhatsApp Kawal Covid  Sumbar, Kamis pagi (3/2/2022).


Menurutnya, prokes harus segera diperketat kembali sebagai antisipasi penekanan kasus positif di Sumbar. Sebab saat ini prokes di masyarakat sudah kian longgar dibanding 2021 lalu.


“Saya hanya bisa memberi saran dan usulan. Ini sudah saya sampaikan, kita tinggal menunggu. Jika prokes tidak diperketat, siap-siap kasus bakal naik seperti yang diprediksi ahli,” tegas Andani.


Sementara, di RSUP M. Djamil Padang saat ini terdapat dua pasien yang dirawat karena Omicron. Satu pasien berjenis kelamin laki-laki dari Sumbar dan satu pasien lainnya perempuan dari Jakarta.


Direktur Pelayanan Medi, Keperawatan dan Penunjang RSUP M. Djamil Padang, dr. Rose Dinda Martini, SpPD, KGer, kepada Singgaang menjelaskan dua pasien tersebut mengalami gejala sedang. Namun satu di antara pasien dengan penyakit penyerta yakni jantung.


“Pasien dengan penyakit penyerta sekarang menggunakan ventilator. Berdasarkan pemeriksaan diketahui hasil SGTF  probable Omicron,” jelasnya. (*/ak)

Tag Terpopuler

×
Berita Terbaru Update