Notification

×

Iklan

Powered By Blogger

Indeks Berita

Ribuan Masyarakat Melepas Datuak Labuan Dengan Linangan Air Mata

Senin, 14 Februari 2022 | Februari 14, 2022 WIB Last Updated 2022-02-14T16:10:08Z


 

Bupati Dharmas Raya Sutan Riska Tuanku Kerajaan memberi sambutan melepas jenazah DP.Datuak Labuah. (Foto2:Diskominfo Dharmas Raya).

Padanginfo.com-DHARMAS RAYA-
Ribuan masyarakat Kabupaten Dharmas Raya melepas kepergian Wakil Bupati Dasril Panin Datuak Labuan (74 tahun) dengan linangan air mata, Senin 14 Februari 2022 di pemakaman keluarga, di Pulau Punjung. Tak terkecuali juga Bupati Dharmas Raya, Sutan Riska Tuanku Kerajaan, terlihat sabak dan tercekal suaranya ketika memberi sambutan saat melepas jenazah di kantor bupati.


Sebagaimana diwartakan akun FB Diskominfo Dharmas Raya, wafatnya Wabup Datuak Labuan nerupakan kehilangan besar bagi masyarakat Dharmas Raya. Datuak termasuk tokoh yang ikut andil dalam pemekaran hingga menjadi kabupaten mandiri.

 

 “Saya atas nama pribadi dan Pemerintah Kabupaten Dharmasraya mengucapkan belasungkawa yang sebesar-besarnya kepada pihak keluarga Pak Dasril Panin Dt. Labuan yang telah pergi menghadap Allah SWT”, ungkap bupati dengan nada serak.

 

Sutan Riska mengungkapkan sangat kehilangan seorang Dasril Panin, ia mengakui merupakan sosok orang tua yang sangat penyayang, penyabar dan selalu memberikan semangat dan ide ide yang sangat inovasi sekali untuk membangun Kabupaten Dharmasraya menjadi lebih baik.

 

“Beliau selama menjalankan tugasnya sebagai Wakil Bupati Dharmasraya, telah memberikan sumbangsih pemikiran dan ide yang sangat cemerlang. Semoga seluruh dedikasinya untuk Kabupaten Dharmasraya dapat menjadi amal jariah beliau di sana,” lanjut bupati dengan menitikkan air mata.

 


Bupati mengajak seluruh masyarakat Kabupaten Dharmasraya untuk dapat membuka pintu maaf atas kesalahan, kehilafan maupun kealfaan Dasril Panin Dt. Labuan selama menjabat menjadi Wakil Bupati Dharmasraya.

 

Kepada keluarga yang ditinggalkan, Sutan Riska menyampaikan pesan untuk senantiasa tabah menerima cobaan yang diberikan Allah SWT.

 

“Kepada ibu Andi Megawarni, kami berharap agar tali kekeluargaan antara ibu dan kita semua yang terjalin selama ini tetap harus dipelihara di masa yang akan datang. Ibu tetap menjadi keluarga besar Pemerintah Kabupaten Dharmasraya walaupun Bapak Drs. Dasril Panin Dt Labuan telah mendahului kita semua”, lanjut Sutan Riska.

 

Bupati mengajak pelayat untuk mengiringi kepergian Datuak Labuan dengan doa ikhlas. “Kiranya Allah SWT menganugerahkan magrifahnya kepada Almarhum dan memberikan tempat terbaik di sisiNya” pintanya sembari mempimpin pebacaan surat Al-Fatihah.

 

Sementara itu, pihak keluarga yang diwakili Gustanten Bagindo Bungsu mengucapkan ribuan terima kasih kepada Bupati Sutan Riska dan Pemerintah Kabupaten Dharmasraya, atas perhatian dan kesungguhan dalam mengupayakan kesembuhan Dasrul Panin.

 

“Bagi kami, perhatian Pak Bupati dan Pemerintah Kabupaten Dharmasraya kepada mamak (paman) kami bahkan telah melebihi perhatian saudara dekat sekalipun. Tapi Allah SWT berkehendak lain beliau mendahului kita semua”, lanjut Gustanten.

 

Gustanten menjelaskan, selama menjalani hidup Dasril Panin telah menunjukkan tauladan yang baik khusunya kepada cucu kamanakan.

 

“Beliau mengajarkan kepada kita semua bagaimana pengabdian itu tidak terbatas oleh tempat. Di manapun dan dalam kondisi apapun kita dapat menunjukkan pengabdian itu kepada masyarakat”, ujar Gustanten.

 

Dasril Panin Datuak Labuan Lahir di Sungai Dareh 6 Agustus 1947, meninggal dunia Ahad 13 Februari 2022 di RS. Ahmad Muchtar Bukittinggi, setelah dirawat sejak Jum’at (11/02). Politikus senior ini  meninggalkan seorang isteri Andi Megawarni dan seorang anak Andi Dagmarbumi Batarisuri. Istrinya seorang bangsawan Bugis.


Datuak Labuan  dikenal sebagai politisi kawakan dan mentor para politisi Kabupaten Dharmasraya. Ia menjadi anggota DPR RI empat periode di Fraksi Karya Pembangunan (Golkar) pada periode 1982-1987, 1993-1997, 1997-1999, dan  Fraksi PDI Perjuangan pada periode 1999-2003. 


Saat menjadi anggota DPR-RI beliau  berandil besar dalam memperjuangkan lahirnya UU No. 38 Tahun 2003 tentang Pembentukan Kabupaten Dharmasraya, Kabupaten Solok Selatan, dan Kabupaten Pasaman Barat di Provinsi Sumatera Barat.


Pada tahun 2020, ia memenangi Pilkada Dharmasraya setelah maju bersama petahana Sutan Riska Tuanku Kerajaan, dan dilantik menjadi Wakil Bupati Dharmasraya pada Februari 2021. (in).

 

Tag Terpopuler

×
Berita Terbaru Update