Notification

×

Indeks Berita

Wagub Sumbar Kunjungi Nagari Budaya Sungai Landia Agam

Kamis, 17 Februari 2022 | Februari 17, 2022 WIB Last Updated 2022-02-16T22:38:27Z

 


 





Wagub Sumbar Audy Joinaldy menyimak paparan Sekda Agam Edi Busti tentang Nagari Budaya Sungai Landia.

Padanginfo.com-AGAM-
Direktorat Jenderal Kebudayaan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi, melalui program prioritas telah melaksanakan program Pemajuan Kebudayaan Desa di 14 Nagari di Provinsi Sumatera Barat. Salah satunya Nagari Sungai Landia, Kabupaten Agam.

 

Terpilihnya Sungai Landia, tidak terlepas dari besarnya potensi budaya yang dimiliki guna dikelola dalam ruang lingkup pemajuan kebudayaan nagari, serta pemanfaatan unsur-unsur budaya sebagai salah satu penggerak ekonomi. Mengingat salah satu tujuan dari program tersebut, yaitu membangun potensi kebudayaan agar dapat dimanfaatkan untuk menyejahterakan masyarakat nagari itu sendiri.

 

Menyadari besarnya potensi budaya Sungai Landia yang belum tergali dan diekspos secara maksimal, Wakil Gubernur Sumbar, Audy Joinaldy, didampingi Kadisbud Sumbar, Syaifullah, Kadispar Luhur Budianda, Kadis PMD Amasrul, serta Sekda Agam, Edi Busti melakukan kunjungan kerja untuk meninjau langsung potensi budaya yang dapat dikembangkan di nagari tersebut.

 

Dalam kunjungan itu,  Audy terkesan dengan keindahan alam, serta kreativitas budaya yang dimiliki masyarakat setempat. Ia mengatakan, kebudayaan dan pariwisata adalah dua hal yang saling bersinggungan, sehingga pengembangan nagari budaya sebagai desa wisata berbasis kebudayaan merupakan suatu keniscayaan.

 

"Sektor kebudayaan dan pariwisata biasanya selalu saling bersinggungan. Di Sumbar kita punya 14 nagari budaya yang bisa kita manfaatkan potensinya sebagai desa wisata. InsyaAllah ini akan kita kembangkan, tentunya dengan tetap menjaga nilai-nilai kebudayaan yang dimiliki," ujar Audy.

 

Menurut wagub, sebagai penyumbang desa wisata terbanyak di tingkat nasional, serta peraih empat kategori juara Anugerah Desa Wisata Indonesia (ADWI) 2021, pasar pariwisata selau terbuka lebar untuk destinasi baru di Sumatera Barat. Hanya saja ia menekankan, bahwa hal ini harus dimulai dari gerakan masyarakatnya sendiri. Sementara pemerintah, berperan sebagai katalisator, melakukan intervensi yang dibutuhkan untuk pembangunan dan pengembangan potensi nagari tersebut.


Penggiat  pariwisata Sungai Landia, Sukra Maulana, mengatakan pihaknya optimis mendapat dukungan masyarakat setempat. Melalui kerjasama dengan warga ia bahkan telah membuka galeri sederhana tak jauh dari akses jalan menuju desa. Dimana foto-foto lawas nagari Sungai Landia serta kerajinan tangan warga dipamerkan dan dijual, seperti lampia, tikuluak, baju kuruang, dan ukiran-ukiran khas untuk dekorasi rumah, hingga makanan Tradisional yang sudah mulai jarang dijumpai.

 

Sekretaris Daerah Agam, Edi Busti menyampaikan, bahwa Sungai Landia memiliki pemandangan sangat indah. Sayangnya  masih belum dikenal luas

 

"Meski jalan disini bagus, tapi tanjakannya cukup terjal, sehingga rawan terjadi kecelakaan. Tapi terkait akses jalan ke Sungai Landia ini sudah menjadi prioritas satu di Pemerintah Kabupaten Agam, kita akan carikan solusinya," kata Edi Busti

Demikian  Siaran Pers yang disampaikan Dinas Kominfotik Sumbar. (in).

Tag Terpopuler

×
Berita Terbaru Update