Notification

×

Iklan

Powered By Blogger

Indeks Berita

Dokter Terawan Dipecat dari Keanggotaan IDI

Sabtu, 26 Maret 2022 | Maret 26, 2022 WIB Last Updated 2022-03-26T04:00:46Z

 


Dokter Terawan Dipecat dari Keanggotaan IDI. (foto: Int)

Padanginfo.com-BANDA ACEH-
Mantan Menteri Kesehatan  Kabinet Presiden Jokowi dr Terawan Agus Putranto dipecat dari keanggotaan Ikatan Dokter Indonesia (IDI). Sejumlah masalah diduga menjadi penyebab keputusan MKEK tersebut.


Seperti diketahui, eks Menkes juga sempat dilakukan pemberhentian sementara buntut kontroversi terapi cuci otak. Pelanggaran kode etik diduga menjadi penyebab dr Terawan dipecat IDI.


Informasi yang dihimpun dari berbagai situs berita, dalam Muktamar IDI XXXI di Banda Aceh 25 Maret 2022,  dr Terawan dipecat dari keanggotaan IDI berdasarkan sidang MKEK. Beberapa faktor ditengarai jadi penyebab.


Dikutip dari laman instagram Epidemiolog Pandu Riono, dalam video yang beredar, Ketua Panitia Muktamar ke-31 IDI dr Nasrul Musadir Alsa menyampaikan hasil keputusan sebagai berikut:


1. Meneruskan hasil keputusan rapat sidang khusus MKEK yang memutuskan pemberhentian permanen sejawat Prof Dr dr Terawan Agus Putranto, SpRad(K) sebagai anggota IDI.

2. Pemberhentian tersebut dilaksanakan oleh PB IDI selambat-lambatnya 28 hari kerja.

3. Ketetapan ini berlaku sejak tanggal ditetapkan. 


"Keputusan final masih dalam sidang khusus sidang khusus Muktamar," tulis Pandu.


Sekitar tahun 2018, MKEK menyatakan, tidak mempersalahkan teknik terapi pengobatan Digital Substraction Angogram (DSA) yang dijalankan Terawan untuk mengobati stroke.


Tetapi, ada kode etik yang dilanggar. Juga sumpah dokter. Ada pasal Kode Etik Kedokteran Indonesia (Kodeki) yang dilanggar. (int/in)

Tag Terpopuler

×
Berita Terbaru Update