Notification

×

Iklan

Powered By Blogger

Indeks Berita

Kita adalah Saudara, Gubernur Mahyeldi Kukuhkan Pengurus Besar Warga Sumbar asal Sunda

Minggu, 27 Maret 2022 | Maret 27, 2022 WIB Last Updated 2022-03-27T04:59:53Z

Gubernur Mahyeldi dismabut dengan tari kesenian Sunda ketika mengukuhkan kepengurusan warga Sumbar asal Sunda di Auditorium gubernuran, Minggu (asko)

padanginfo.com-
PADANG- Antara warga Sumatera Barat dengan Sunda Jawa Barat, kita  adalah saudara  yang dibingkai dalam persatuan Republik Indonesia. Ini membuktikan bahwa pengurus besar warga Sunda di Sumbar telah melakukan pembinaan yang maksimal kepada warganya di daerah ini.


Juga banyak kesamaan warga Minang dengan warga Sunda  diantara peganan kuliner dan budaya, namun hanya saja  tentu tampilnnya berdebeda.


Demikian dikatakan Gubenur Mahyeldi ketika mengukuhkan Pengurus Besar warga Sumbar asal Sumbar di Auditorium Istana Gubenuran, Jln Sudirman Padang, Minggu 27/3/2022). Bersamaan dengan itu, juga dikukuhkan kepengurusan warga Sunda di Kabupaten Kota/Kabupaten se Sumatera Barat.


Menurut gubernur, dirinya tidak pernah mendengar keberadaan warga Sunda di daerah ini melakukan kegiatan negarif. Justeru ia melihat warga Sunda cepat beradaptasi dengan lingkungan barunya di Sumbar.


"Saya melihat warga Sunda mudah menyatu dilingkungan yang baru,  sehingga ada kesamaan persepsi untuk bersama-sama membangun Sumatera Barat," ujar gubernur seraya menambahkan bahwa warga Minang adalah perantau yang terbsar di bumi Nusantara, namun demikian keberadaan mereka di rantau orang jauh dari ke gaduhan.


Kerukunan warga Minang telah menjaga dan merawat kesatuan di rantau, sebagaimana falsafah yang diterapkan ketika mereka di rantau," Di mana bumi dipijak, di sana langit dijunjung. Artinya di mana kita berada, harus menjunjung tinggi nilai-nilai budaya daerah setempat, begitu juga warga Sunda melalui pengurus telah berkomitmen menjaga dan merawat nilai budaya-budaya setempat," sebut gubernur.


Di samping mengucapkan selamat kepada pengurus Sunada Sumbar dan kabupaten/kota, Mahyeldi kembali menegaskan agar rasa persatuan bagi warga Sunda harus dipegang erat.


Pengurus Besar Paguyuban Warga Sunda Sumbar (PWS) yang dikukuhkan gubernur adalah Ketua Ir Maman Sudarman,MM dan Sekeretris Ganjar Hidayat, termasuk jua pengurus DPD Kabupaten/Kota di daerah ini (ak)


Tag Terpopuler

×
Berita Terbaru Update