Notification

×

Iklan

Powered By Blogger

Indeks Berita

Menyatu dengan Warga, AHY Tidur Ditenda setelah Serahkan Bantuan 50 Unit Huntara dan 1.500 Paket

Selasa, 22 Maret 2022 | Maret 22, 2022 WIB Last Updated 2022-03-22T02:04:13Z

Disaksikan Bupati Pasaman Barat, Ketua DPD Partai Demokrat, AHY berdialog dengan warga korban gempa, setelah menyerahkan bantuan (ist)

padanginfo.com-
PASAMAN BARAT-  Ketum Partai Demokrat  Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) bantu  50 unit hunian sementara (Huntara) dan 1.500 paket di Nagari Kajai, Kecamatan Talamau, Kabupaten Pasaman Barat, Senin (21/3/2022). 

Ia juga merasakan kesedihaan yang menyelemuti  warga pasca gempa. Itu sebab  AHYtidur ditenda semalam guna  menyatu dengan warga. Ia nampaknya  merasakan apa yang dirasakan warga saat tidur ditenda pengungsian pasca gempa.


"Kita sengaja tidur di bawah tenda malam ini di Kajai Pasaman Barat untuk merasakan nasib saudara kita korban gempa bumi ini. Kita sebagai partai politik tidak boleh jauh dari nasib dan aspirasi masyarakat," kata AHY memberi arahan sebelum istirahat kepada semua kader Partai Demokrat yang berkemah di Kajai


Meski bermalam di Nagari Kajai, Senin siangnya AHY bersama Ketua DPRD Partai Demokrat Sumbar Mulyadi, Bupati Hamsuardi dan kader-kader Demokrat langsung meninjau lokasi Huntara dan menyerahkan kunci huntara kepada warga, termasuk menyerahkan bantuan paket


Dalam kunjungan itu AHY juga didampingi Anggota DPR RI Dapil Sumbar Darizal Basir dan Rezka Oktoberia, Wasekjen Imelda Sari, Wakil Ketua DPRD Sumbar Suwirpen Suib, Ketua DPC PD Pasaman Barat Yulianto, SH., dan seluruh anggota Fraksi Demokrat se Sumbar.


"Alhamdulillah saya bisa hadir disini, ke Nagari Kajai, disambut langsung oleh Bapak Bupati Hamsuardi. Kami datang kesini untuk melihat saudara kami yang ditimpa musibah gempa bumi. Kami membantu 50 unit Huntara dan 1.500 paket berisi sarung bersama mukena," kata AHY, saat meninjau satu persatu pembangunan Huntara di Kajai.


Kepada Bupati Pasaman Barat Hamsuardi, AHY menyampaikan, bantuan yang diserahkannya ini belum bisa memenuhi harapan seluruh korban gempa bumi Pasaman Barat. "Hanya sebagian kecil yang bisa kami dipenuhi. Namun lihatlah bantuan ini sebagai keikhlasan dari kader Partai Demokrat kepada saudara kami yang ditimpa musibah," kata AHY, putra sulung Presiden ke-6 Soesilo Bambang Yudhoyono.


AHY berjanji menugaskan kadernya yang berada di DPRD Kabupaten Pasaman Barat, DPRD Sumbar dan DPR RI untuk mengawal angggaran rehab rekonstruksi bencana gempa bumi, hingga terwujud pembangunan Huntap (hunian tetap) untuk seluruh masyarakat yang rumahnya hancur karena gempa bumi Pasaman Barat ini.


Ketua DPD Partai Demokrat Sumbar Ir. Mulyadi mengatakan, bantuan Huntara dari  Demokrat ini disebabkan  banyak korban gempa bumi yang tinggal di tenda darurat yang berlantai tanah dan rawan masuk air hujan. Hal ini tentu bisa mendatangkan kekhawatiran akan penyakit, sehingga dirancanglah Huntara Demokrat yang lebih layak.


AHY memberikan motivasi bahwa musibah tidak boleh mematahkan semangat. Kepada Fitri (37) penerima Huntara, AHY memberi semangat kepada warga ,"Ayo Buk, kita berusaha lagi, berikhtiar lagi dan Allah SWT selalu membuka jalan untuk bisa menata kehidupan lebih baik lagi. Mudah mudahan Huntara ini bisa bermanfaat menjelang pembangunan Huntap oleh pemerintah," kata AHY sambil menyalami Fitri.


Huntara berukuran 2x3 meter itu dibangun dengan konstruksi besi alumunium dan beratap plastik. Lantainya dicor sehingga nyaman dihuni ketika dialas dengan tikar. Secara kesehatan, Huntara Demokrat ini layak ditempati oleh satu keluarga kecil.


Saat ini sudah 20 unit Huntara Demokrat yang selesai dikerjakan dan sudah ditempati. Pengerjaan 60 unit sisanya terus dikejar dalam 10 hari kedepan hingga tuntas menjelang bulan Ramadhan datang. "Pekerja yang membangun Huntara Demokrat ini terus bekerja hingga tengah malam, untuk menyelesaikan seluruhnya," kata AHY yang diamini oleh Ketua DPD Partai Demokrat Sumbar Ir. Mulyadi.


Berdasarkan data sementara yang dirilis BNPB, total rumah yang rusak berat di Pasaman Barat akibat gempa bumi 25 Februari 2022 sebanyak 653 unit, rusak sedang 375:unit dan rusak ringan 737 unit. Data ini setelah dilakukan verifikasi atas 1.700 data infrastruktur yang rusak akibat gempa bumi.(ak)


Tag Terpopuler

×
Berita Terbaru Update