Notification

×

Iklan

Powered By Blogger

Indeks Berita

Satupena Sumatera Barat Akan Dikukuhkan, Ini Programnya

Kamis, 10 Maret 2022 | Maret 10, 2022 WIB Last Updated 2022-03-11T04:07:52Z

Sastri Bakry  (foto.dok)

padanginfo.com
- PADANG - Satupena Sumatera Barat (Sumbar), sebuah lembaga seni, sastra dan budaya dibidang kepenulisan akan dikukuhkan di sebuah hotel di Padang, pada Hari Sabtu (19/3/2020). Pengukuhan dilakukan oleh Koordinator Satupena wilayah Sumatera Anwar Bayu Putra.

Pengukuhan itu juga dihadiri Kepala Perpustakaan Nasional RI Muhammad Syarif Bando , mantan Mendagri Gamawan Fauzi, Ketua LKAAM Sumbar Fauzi Bahar, Ny Harneli Bahar, Kapus PPSDM Kemendagri Reg. Bukittinggi Sarjayadi, Pimred Harian Singgalang Khairul Jasmi  dan undangan lainnya.


Ketua Satupena Sumbar Sastri Bakry, di Padang, Kamis (10/3/2022), mengatakan Satupena hadir di daerah ini untuk meningkatkan kesejahteraan penulis, meningkatkan kapasitas, penguatan profesi, melindungi hak atas karya, serta kebebasan menulis.


“Semoga ini menjadi langkah penguatan bagi penulis di Sumatera Barat,” kata Sastri Bakry, salah seorang sastrawan asal Sumatera Barat, menyikapi rencana pengukuhan kepengurus Dewan Pimpinan Daerah Satupena Sumatera Barat


Satupena Sumbar mengamati, sejalan dengan semakin maraknya aktivitas pengembangan literasi, khususnya baca dan tulis, bermunculan para penulis bagaikan cendawan yang tumbuh dimusim hujan. Berbagai komunitas yang menekuni aktivitas tersebut muncul terus secara berkesinambungan. Kehadiran mereka tersebut," kata Sastri yang juga seorang birokrat, perlu benar-benar diperhatikan. Siapa yang memperhatikan?


“Selama ini, cenderung hanya sesama mereka di komunitas, atau antar komunitas, tapi ruang gerak mereka cenderung tak leluasa karena keterbatas mereka,” katanya penulis sejumlah buku sastra itu


Sastri menyebutkan, impian besar  Perkumpulan Penulis Indonesia Satupena agar penulis  tak boleh terabaikan karena mereka adalah aset berharga untuk masa depan. Sasaran yang dituju Satupena,  memperjuangkan para penulis agar  bisa sejahtera dengan profesinya, tentu sangat diharapkan para anggotanya.


“Kini tak saatnya lagi bergerak sendiri-sendiri. Harus berkolaborasi!” kata Sastri Bakry sembari menyebutkan, kepengurusan DPP Satupena Sumatera Barat hanya berisi tujuh orang.

 

Komposisi kepengurusan terdiri dari lima ketua, satu sekretaris, satu bendahara. Saat ini sudah tercatat 150 orang anggota komunitas tersebut. Sastry Bakry didapuk sebagai ketua Satupena Sumbar untuk tahun pertama, kemudian akan muncul ketua Satupena pada tahun berikutnya


Pada saat pengukuhan, langsung dibentang sejumlah kegiatan. Diawali dengan pameran buku karya anggota Satupena Sumatera Barat. Hingga sehari sebelum tulisan ini diturunkan, tercatat 30 judul buku yang akan dipamerkan, ada lebih dari 50 penulis buku tersebut lantaran ada diantaranya buku antologi, lalu ada Peluncuran Web Satupena Sumatera Barat, Peluncuran Buku Karya Anggota Satupena Sumatera Barat,  Diskusi Sastra, Baca Puisi dan Pertunjukan Seni. 


Sastri Bakry, pensiunan Pejabat di Kantor Kementerian Dalam Negeri itu menyebutkan, rencana program Satupena Sumbar untuk satu tahun ke depan telah dirancang dan siap di aktualisasikan kepada calon penulis di daerah, termasuk memberikan penghargaan kepada kalangan seniman di Sumatera Barat.


Sebagaimana diketahui, Satupena Pusat diketuai peneliti Denny JA, dan akan terus mengembangkan organisasi kepenulisan di berbagai provinsi di Indonesia


Demikian siaran pers Satupena Sumbar yang diterima Redaksi padanginfo.com, hari ini (ak)

Tag Terpopuler

×
Berita Terbaru Update