Notification

×

Indeks Berita

DPRD: LKPJ Gubernur Sumbar Masih dengan Catatan

Jumat, 15 April 2022 | April 15, 2022 WIB Last Updated 2022-04-15T03:01:21Z


padanginfo.com-PADANG -Laporan Keterangan PertanggungjawabanLKPJ) Kepala Daerah Provinsi Sumatera Barat tahun 2021 di mata DPRD Sumbar masih penuh dengan catatan.  Banyak realisasi capaian program perlu diberi catatan.  Karena belum mencapai target,

"Belum tergambar bagaimana upaya pemerintah daerah untuk mewujudkan standar pelayanan perurusan dan capaian realisasinya," ujar Ketua DPRD Sumbar Supardi pada rapat paripurna penetapan rekomendasi DPRD terhadap rekomendasi LKPJ Kepala Daerah tahun 2021 dan penyerahan rekomendasi, Kamis  14 April 2022.

Menurut Supardi, kurangnya inovasi dari masing- masing OPD untuk mengoptimalkan pencapaian target kinerja masing- masing urusan.

"OPD masih melaksanakan tugas secara biasa- biasa saja yang semestinya telah melaksanakan tugas secara luar biasa mengejar ketertinggalan daerah," ujar Supardi.

Dikatakan Supardi, masih cukup banyak rekomendasi DPRD terhadap LKJP kepala daerah Provinsi Sumatera Barat tahun 2020 belum ditindaklanjuti.

"Tergambar dari banyaknya permasalahan sama terjadi kembali pada penyelenggaraan pemerintahan daerah tahun 2021," ujar Supardi.

Menurut Supardi, hasil pembahasan dan konsep rekomendasi DPRD telah disusun panitia khusus, telah ditanggapi masing- masing fraksi- fraksi.

"Pendapat akhir fraksi cukup banyak tambahan dan masukan perlu mendapat perhatian pemerintah daerah. Sesuai Permendagri RI nomor 18 tahun 2020, rekomendasi DPRD terhadap LKPJ ditetapkan dengan keputusan DPRD dan ditindaklanjuti kepala daerah sebagai upaya perbaikan dalam penyelenggaraan pemerintahan daerah," ujar Supardi. 

Meskipun rekomendasi DPRD terhadap LKPJ kepala daerah tidak dalam konteks menerima dan menolak kinerja kepala daerah, akan tetapi ada keharusan kepala daerah untuk menindaklanjuti sesuai peraturan pemerintah nomor 13 tahun 2019.

"DPRD melalui alat kelengkapannya, juga harus melakukan pengawasan terhadap pelaksanaan tindaklanjut telah ditetapkan pemerintah daerah," ujar Supardi. 

Rapat paripurna yang dipimpin Ketua DPRD Provinsi Sumatera Barat Supardi, dihadiri Wakil Gubernur Sumatera Barat Audy unsur OPD dan lainnya.(in) 

Tag Terpopuler

×
Berita Terbaru Update