Notification

×

Indeks Berita

Di Payakumbuh Tim Penilai Kelurahan Disuguhi Kesenian Barongsai

Rabu, 22 Juni 2022 | Juni 22, 2022 WIB Last Updated 2022-06-21T23:41:14Z
Tim Penilai Lomba Kelurahan disambut meriah di Nunang Daya Bangun Kota Payakumbuh




padanginfo.com-PAYAKUMBUH-Penyambutan Tim Penilai Lomba Kelurahan Berprestasi Tingkat Provinsi Sumatera Barat Tahun 2022 di Kelurahan Nunang Daya Bangun (NDB), Kecamatan Payakumbuh Barat, Kota Payakumbuh berlangsung sangat meriah, pada Selasa (21/6/2022). Tarian Barongsai, Silek dan Siriah Carano disuguhkan kepada Tim Penilai yang diketuai Kadis Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (PMD) Sumbar Amasrul, SH.


Tampilnya kesenian tradisional dari berbagai etnis tersebut merupakan bentuk keberagaman budaya di Kelurahan Nunang Daya Bangun, yang terletak di pusat kota Payakumbuh. Penampilan Tari Barongsai dipersembahkan oleh etnis Tionghoa dari Himpunan Bersatu Teguh (HBT), sedangkan penampilan silat berasal dari Silek Pasak Tuo yang terkenal.


Walikota Payakumbuh Riza Falepi langsung mendampingi Tim Penilai bersama dengan Ketua TP-PKK Kota Payakumbuh Ny. Henny Riza Falepi, Sekretaris Daerah Rida Ananda, Ketua Komisi B DPRD Kota Payakumbuh YB. Dt. Parmato Alam, Ketua Dharmawanita Elfriza Zaharman. Turut hadir Unsur Forkopimda, Kepala OPD, Camat, Lurah dan tokoh masyarakat se Kota Payakumbuh.


Wali Kota Riza Falepi dalam sambutannya mengatakan, selaku kepala daerah dirinya sangat mendukung dan mengapresiasi diselenggarakannya penilaian kelurahan tingkat Sumbar ini. Dengan penilaian ini akan semakin memacu kelurahan untuk menggali dan mengembangkan potensi yang dimilikinya. Selain itu berguna untuk masukan bagi perkembangan dan upaya pembenahan kelurahan di waktu mendatang.


"Melalui kegiatan penilaian kelurahan berprestasi ini, juga akan meningkatkan peran aparatur pemerintah dalam membina dan memberdayakan masyarakat serta mendorong partisipasi masyarakat dalam percepatan pembangunan, sehingga akan tercipta masyarakat kelurahan yang sejahtera," kata Wali Kota Riza Falepi yang didampingi Lurah Nunang Daya Bangun Ari Ashadi.


Kelurahan Nunang Daya Bangun tubmuh pesat karena adanya sentra-sentra ekonomi masyarakat di Pasar Kota Payakumbuh yang sebagian merupakan wilayah Nunang Daya Bangun. Kondisi demografis yang terdiri dari multi etnis dimana terdapat etnis Tionghoa, menjadi salah satu unggulan Nunang Daya Bangun karena adanya pembauran yang positif demi kesejahteraan masyarakat.


Terkait dengan pemberdayaan masyarakat, Kota Payakumbuh selalu mendorong pertumbuhan UMKM yang terdiri dari home industri, barang dan jasa. Terbukti dengan adanya UMKM di Nunang Daya Bangun seperti, usaha kue, tembakau, kerupuk kulit, dan yang unik usaha kerupuk jengkol yang terus berkembang dan sangat berpengaruh dalam hal penyerapan tenaga kerja khususnya bagi masyarakat Nunang Daya Bangun.


Sementara itu, Ketua Tim Penilai Lomba Kelurahan Berprestasi Amasrul, SH mengatakan, pembinaan dan pengawasan oleh pemerintah pusat maupun daerah merupakan salah satu bentuk untuk evaluasi atas apa yang telah berlangsung di tengah masyarakat, sebagaimana hal tersebut diatur dalam Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 81 Tahun 2015 tentang Evaluasi Perkembangan Desa dan Kelurahan, melalui penyelenggaraan Lomba Desa dan Kelurahan.


"Dengan merujuk Permendagri tersebut, maka dilaksanakan lomba kelurahan berprestasi di tingkat Provinsi Sumatra Barat tahun 2022. Dan dalam hal ini Kota Payakumbuh turut ambil andil dengan mengutus Kelurahan Nunang Daya Bangun, Kecamatan Payakumbuh Barat yang telah juara di tingkat kecamatan dan tingkat kota," jelas Amasrul.


Amasrul juga menjelaskan, pelaksanaan lomba ini dibagi menjadi 3 tahapan. Seleksi administrasi sudah dilakukan sejak dokumen yang diantar oleh kepala daerah dan lurah diproses di provinsi, NDB sudah lolos dari 14 kabupaten/kota lainnya di Sumatera Barat. "Kelurahan NDB masuk lolos kedalam empat besar, dan tahapannya sekarang adalah pemaparan lurah, nanti akan diadu dengan dokumen yang sudah diproses, setelah lurah menyampaikaan paparan maka akan diteliti tim penilai di lapangan apakah cocok dokumen dengan kondisi real di lapangan," tukuk Kadis Amasrul.


"Menjadi kelurahan berprestasi, artinya kita melihat capaiannya memandirikan dan mensejahterakan masyarakat. Kita menitik beratkan pada keterkaitan data profil kelurahan yang ada dengan dokumen perencanaan serta penganggaran di kelurahan dan memperhatikan inovasi yang dilakukan lurah dan warga dalam peningkatan ekonomi masyarakat pasca pandemi Covid-19, juga bagaimana muatan lokalnya mewujudkan kelurahan yang bersih," ungkap Kadis Amasrul, yang merupakan Mantan Sekda Kota Padang.

Tim Penilai Lomba Desa Nagari dan Kelurahan Berprestasi 2022 tingkat Provinsi ini terdiri dari Kadis PMD Sumbar Amasrul, SH sebagai Ketua Tim dan Penanggungjawab. Kemudian Desrianto Boy, S.Pd.M.Si (Kabid Pemnag PMD), Drs. H. Syafrizal Ucok, MM (Staf Ahli Gubernur Bidang Ekonomi dan Keuangan), Retma Nency, S.STP (PSM Ahli Muda), Drs. Aristo Munandar, MM (Pamong Senior), Dr. Sadrianto, M.Pd (Sekretaris Dinas Pendidikan Sumbar), Firdaus, SH (Sekretaris Badan Kesbangpol), Hafrizal, SKM.M.Kes (Dinas Kesehatan), Nuzurwan Erixon, S.IP.,M.Si (Biro Pemerintahan), Irwandi Walis, S.Sos (LPM Sumbar), Dra. Hendrawati Roza, M.Si (Tim Penggerak PKK), Ir. Effi Zulfia Naros (PSM Ahli Muda PMD) dan Firmanto, SIP (PSM Ahli Muda PMD). Tim Penilai dibantu sekretariat Airassandi Vinika, S.STP dan Mettrawati, SE. (*)

Tag Terpopuler

×
Berita Terbaru Update