Notification

×

Iklan

Powered By Blogger

Indeks Berita

Gubernur Sumbar Puji Kekompakan Perantau Lumindai di Karawang

Minggu, 26 Juni 2022 | Juni 26, 2022 WIB Last Updated 2022-06-26T09:49:10Z

 


Halal bihalanlwarga Lumindai di Karawang dihadiri Wakil walikota Sawahlunto dan gubernur diwakili staf ahli bidangn ekonomi dan keuangan Syfarizal Ucok (ist)

padanginfo.com-
KARAWANG- Gubernur Sumbar yang diwakili Staf Ahli Gubernur Bidang Ekonomi dan Keuangan Drs. H. Syafrizal Ucok, MM memuji kekompakan dan kebersamaan  perantau Lumindai MInang  di Kabupaten Karawang, Provinsi Jawa Barat.


"Kekompakan warga Lumindai ini adalah modal yang besar, ini adalah kekuatan dalam hidup di perantauan. Kekompakan ini hendaknya juga digunakan untuk pembangunan demi kemajuan kampung halaman kita yaitu Desa Lumindai di Kecamatan Barangin, Kota Sawahlunto," ujar Staf Ahli Syafrizal Ucok.


Pujian dan harapan ini diungkapkan Syafrizal Ucok ketika memberikan sambutan dalam Halal Bihalal Ikatan Keluarga Lumindai dan Sekitarnya (IKLS) Kabupaten Karawang di Aula SPK Kharisma Karawang, Sabtu (25/6/2022) malam.


Menurut Syafrizal Ucok, jumlah perantau Minangkabau di luar Sumbar jumlahnya jauh lebih banyak dari jumlah penduduk yang 5,5 juta jiwa. Karena itu Pemprov Sumbar menempatkan perantau sebagai kekuatan pembangunan. Sumbang pikiran perantau sangat diharapkan, baik disampaikan kepada pemerintah daerah maupun langsung kepada nagari masing-masing.


"Hebatnya pembangunan nagari di Sumbar tidak terlepas dari sumbangan moril dan materil dari para perantaunya. Ini sudah terbukti dan hendaknya terus dilanjutkan," kata Staf Ahli Gubernur Syafrizal Ucok, yang juga mantan Wabup Pesisir Selatan 2005-2010.


Selain Staf Ahli Gubernur, dari Sumbar hadir Wakil Walikota Sawahlunto H. Zohirin Sayuti, SE., Sekdako Sawahlunto Dr. Hj. Ambun Suri, MKM., Kepala Kemenag Sawahlunto H. Dedi Wandra, S.Ag.MA., Camat Barangin Subandi, SH., Kades Lumindai Chairunnas, S.Ag., Sekdes Lumindai Nendi dan Ketua Karang Taruna Lumindai Netropen Nuklis.


Wakil Walikota Sawahlunto H. Zohirin Sayuti dalam kesempatan itu mengatakan bahwa Desa Lumindai adalah kawasan yang sangat potensial untuk dikembangkan di Kota Sawahlunto. Tidak saja bidang pertanian, kerajinan, juga bidang pariwisata karena keindahan Lumindai yang luar biasa.


"Di puncak hutan batu Lumindai keindahan tiada duanya. Kita bisa menyaksikan panorama keindahan Danau Singkarak dan Kota Sawahlunto dari puncak di Lumindai ini," kata Wawako Zohirin Sayuti.

 

Ketua IKLS Kabupaten Karawang, Annasrullah, dalam sambutannya menyampaikan, terima kasih atas kehadiran Staf Ahli Gubernur Sumbar Syafrizal Ucok, Wakil Walikota Sawahlunto Zohirin Sayuti, Ibu Sekdako, Camat Barangin, termasuk Kepala Desa Lumindai Chairunnas yang datang langsung melihat warganya ke Karawang.


"Kami bangga dan bahagia, dalam halal bihalal ini datang pimpinan daerah, sekaligus kami dapat menyampaikan harapan perantau dan tentunya juga mendapatkan informasi tentang pembangunan di kampung halaman," kata Chairunnas lagi.


Warga asal Desa Lumindai di Kabupaten Karawang dan sekitarnya berjumlah hampir 4.000 jiwa. Profesi perantau ini sebagian besar sebagai pedagang, berprofesi sebagai guru, jadi anggota TNI dan Polri. (*/ak)

Tag Terpopuler

×
Berita Terbaru Update