Notification

×

Iklan

Powered By Blogger

Indeks Berita

Mengenang Syekh Haji Adam BB, Pascasarjana ISI Padang Panjang Gelar "Ranah Pas'art Festival"

Minggu, 19 Juni 2022 | Juni 19, 2022 WIB Last Updated 2022-06-19T06:13:08Z






padanginfo.com-PADANGPNJANG- Mahasiswa  pascasarjana  mata kuliah Manajemen Seni di Pascasarjana ISI Padangpanjang yang diampu oleh Dr. Rasmida, S.Sn., M.Sn. dan Dr. Sulaiman Juned, S.Sn., M.Sn menggelar kegiatan yang bertajuk “Ranah Pas’Art Festival 2022”  dilaksanakan pada (23/06/2022) di lapangan Volly Markas Secata B Kota Padangpanjang, Sumatera Barat. 


Jumaidil Firdaus, ketua pelaksana mengatakan,  “Ranah Pas-Art,  sebuah platform seni Himpunan Mahasiswa Pascasarjana ISI Padangpanjang ,melalui mata kuliah Manajemen Seni sekiranya dapat memberikan kontribusi yang nyata kepada masyarakat dan juga sebagai bentuk apresiasi kepada tokoh penting yang berjasa membangun kota Padangpanjang yakni Syekh Haji Adam B.B.  Atas dasar itu Ranah Pas-Art  berkolaborasi dengan Pemerintahan Kota Padangpanjang, selain itu juga  melibatkan tokoh masyarakat dan warga kota Padangpanjang, serta ahli waris Syekh Adam B.B. Mudah-mudahan kegiatan dapat menjadi momentum untuk kembali menelusuri jejak-jejak perjuangan dari tokoh pejuang yang  mengedukasikan generasi penerus” Tuturnya. 


Dr. Rasmida, S.Sn., M.Sn mengatakan “Syekh Adam B.B, lahir pada tanggal  31 Agustus 1889, dan wafat pada  15 juli 1953,  merupakan seorang Ulama Minangkabau dan salah satu tokoh penting di dalam dunia pendidikan, agama dan budaya, khususnya di kota Padangpanjang. Selain itu, pendiri  Surau Pasar Baru (SPB) yang kemudian berubah nama menjadi Madrasah Irsyadin Naas (MIN). 

Lembaga pendidikan ini berperan penting dalam pelestarian dan pengembangan kebudayaan. Sistem pendidikan  MIN tidak hanya mengajarkan murid-muridnya perihal  ilmu-ilmu agama semata. Namun mengajarkan ilmu-ilmu dasar lainnya, seperti bidang seni dan budaya minangkabau, belajar Silat, Musik dan Tari Tradisional.


"Jadi sudah sangat tepat adik-adik mahasiswa dalam Mata kuliah Manajemen Seni memilih kegiatan bertemakan mengenang pejuang pendidikan dan kesenian Kota Padangpanjang Syekh Adam B.B yang sekaligus membuat monumen  menjadi ingatan yang tak terlupakan” Papar salah seorang pengampu mata kuliah Manajemen Seni tersebut," katanya  

 

Jumaidil Firdaus menambahkan, “Ranah Pas’Art Festival bertemakan Mengenang 

Pejuang Pendidikan dan Kesenian Kota Padangpanjang Syekh Adam B.B, juga menggelar beberapa acara seperti, Bincang-bincang, Drawing Fun tokoh pahlawan, Talk Show, Pemutaran Video Feature Dokumenter, Pertunjukan Tari Piring dan Sapu tangan karya Hoeridjah Adam, Pertunjukan Musik Perkusi, Komposisi Musik, Saluang dan dendang, juga Baca Puisi. Sekalian melakukan peletakan batu pertama Monumen dan penyerahan secara simbolik desain monumen Syekh Adam B.B. Kegiatan ini dihadiri dan diresmikan oleh Walikota Padangpanjang H. Fadly Amran, BBA, dan Direktur Pascasarjana ISI Padangpanjang Dr. Asril Muchtar, S.S.Kar., M.Hum serta dosen-dosen Pascasarjana ISI Padangpanjang, juga para Kepala Dinas dilingkungan Pemda Kota Padangpanjang" Ucapnya.  


Dr. Asril Muchtar, S.S.Kar., M.Hum. mengatakan “Pascasarjana sangat mendukung inisiasi yang dilakukan mahasiswa dalam mata kuliah Manajemen Seni. Ini tentu inisiatif yang sangat baik dengan tema mengenang tokoh pejuang Kota Padangpanjang apalagi dengan membuat monumen Syekh Adam B.B. Sebab Apa yang telah dilakukan Syekh  Adam B.B, telah memebrikan kontribusi terhadap kemajuan pendidikan dan budaya. Hal ini layak menjadi refleksi bagi masyarakat  tentang pentingnya pengetahuan dan budaya sebagai warisan leluhur yang mesti di jaga. Syekh Adam B.B  salah satu Pejuang, tokoh Agama dan Pendidikan kota Padangpanjang  sebagai memorable atas jasanya terhadap perjuangan kemerdekaan, agama dan pendidikan di kota Padangpanjang. Sudah selayaknya untuknya membuat monumen dan ivent yang menyangkut sang tokoh tersebut” Tutur Direktur Pascasarjana ISI Padangpanjang (rilis)

Tag Terpopuler

×
Berita Terbaru Update