Notification

×

Iklan

Powered By Blogger

Indeks Berita

Diawali dengan Seminar, Universitas M. Natsir - Dinas PMD Sumbar Perkuat SDM di Nagari

Jumat, 08 Juli 2022 | Juli 08, 2022 WIB Last Updated 2022-07-08T04:21:51Z




Universitas M. Natsir lakukan kerjasamam dengan Dinas PMD Sumbar

padanginfo.com
-BUKITTINGGI- Gubernur Sumbar yang diwakili Staf Ahli Gubernur Bidang Pembangunan, Kemasyarakatan dan SDM Ir. Benny Warlis, MM mengapresiasi terobosan Universitas Mohammad Natsir Bukittinggi dengan Program “Sekolah untuk Anak Nagari” yang mendukung perangkat dan masyarakat desa/nagari menjadi sarjana, dengan mengratiskan uang pendaftaran dan uang pembangunan. Perangkat nagari yang kuliah hanya membayar Rp200.000/bulan dan perkuliahan bisa dilakukan jarak jauh dari nagari.


“Program ini perlu dicontoh oleh Perguruan Tinggi lain yang ada di Sumatera Barat, bahkan akan menjadi program percontohan tingkat nasional. Sehingga kualitas SDM di desa dan nagari di Sumatera Barat menjadi meningkat,” kata Benny Warlis ketika memberi sambutan dalam Seminar Peningkatan Sumberdaya Manusia dalam Rangka Akuntabilitas Dana Desa Membangun Sumatera Barat, Selasa (5/7/2022) lalu di Bukittinggi.


Gubernur mengharapkan kesempatan yang dibuka oleh Universitas Muhammad Natsir Bukittinggi ini dapat dimanfaatkan seluas-luasnya oleh pemerintahan desa dan nagari, sehingga terjadi penguatan terhadap pemerintahan desa/nagari, baik itu terhadap Aparatur Pemerintah Desa, Badan Permusyawaratan Desa maupun Lembaga Kemasyarakatan Desa lainnya. Sehingga yang kita harapkan pada Pemerintahan Desa/Nagari akan tercermin sikap kerja, komitmen dan tanggungjawab untuk mewujudkan tata kelola ;emerintahan yang baik, menunju Desa/Nagari mandiri.


“Kita tahu bahwa akhir-akhir ini masih ada beberapa oknum Kepala Desa/Wali Nagari mau pun perangkat yang terjerat dengan permasalahan hukum khususnya dalam hal akuntabilitas pengelolaan dana desa/nagar, maka saya berharap mulai hari ini dan seterusnya tidak ada lagi Wali Nagari atau Kepala Desa dan perangkatnya di Sumatera Barat yang tersandung dengan persoalan hukum,” ujar Staf Ahli Gubernur Benny Warlis.


Dalam rangkaian seminar ini juga dilaksanakan kegiatan penandatangan kerja sama antara Universitas Mohammad Natsir Bukittinggi dengan berbagai lembaga lainnya yaitu Dinas PMD Provinsi Sumatera Barat, BPKP Wilayah Sumatera Barat, Ketua Forum Wali Nagari dan Ketua Persatuan Anggota Badan Permusyawaratan Desa Seluruh Indonesia (PABDSI) Kabupaten/Kota se-Sumatera Barat. 


Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (PMD) Sumbar yang diwakili Kabid SDA dan TTG Vera Irawati, ST.MM  mengatakan bahwa dengan lahirnya Undang-Undang Nomor 6 Tahun 2014 tentang desa menuntut untuk perkuatan kapasitas pemerintahan desa/nagari secara baik untuk menyelenggarakan pemerintahan desa, melaksanakan pembangunan desa, pembinaan kemasyarakatan desa dan pemberdayaan masyarakat desa.


“Upaya kerjasama yang dilakukan oleh Universitas Mohammad Natsir Bukittinggi dengan nagari ini sangat membantu mewujud tata kelola pemerintahan yang baik, menunju desa/nagari mandiri melalui pendekatan pembangunan partisipatif yang bertumpu pada kekuatan masyarakat dan pemanfaatan sumber daya yang ada di desa/nagari,” kata Kabid SDA dan TTG PMD Sumbar Vera Irawati, yang didampingi Ahli Penggerak Swadaya Firmanto, S.STP. (*)

Tag Terpopuler

×
Berita Terbaru Update