Notification

×

Iklan

Powered By Blogger

Indeks Berita

Keluarga Besar Perguruan Adabiah Peringati 1 Muharram 1444 H

Minggu, 31 Juli 2022 | Juli 31, 2022 WIB Last Updated 2022-07-31T08:06:09Z

 


Dua murid Adabiah yang meraih juara di MTQ Kota Padang berfoto dengan Ketua Pengurus YSO Adabiah dan guru pembimbing.


padanginfo.com-PADANG-Keluarga besar Perguruan Adabiah menyambut tahun baru 1444 Hijriah dengan tablig akbar bersama ustad Ristawardi Datuak Batungkek Ameh, Sabtu 30 Juli 2022 di Masjid Raya Adabiah.


Peringatan tahun baru hijriah yang diselenggarakan Forum Guru Pendidikan Agama Islam (FG.PAI) Adabiah dihadiri  oleh Pengurus, Pengawas, guru, karyawan serta para murid sekolah dari seluruh tingkatan TK, SD, SMP, SMA dan Perguruan Tinggi  STIA Adabiah.


Dalam tablig akbarnya ustad Ristawardi menjelaskan, penetapan awal tahun baru Islam atau awal penanggalan hijriyah merujuk pada peristiwa hijrahnya Nabi Muhammad SAW dari kota Mekah ke Kota Madinah.


Dikatakan, peristiwa hijrah Nabi adalah salah satu momen penting dalam sejarah Islam yang terjadi pada tahun 622 Masehi.


“Sejarah penetapan awal penanggalan kalender hijriyah tidak lepas dari peran Khalifah Umar bin Khattab. Karena penentuan awal tahun baru Islam itu diprakarsai oleh Khalifah Umar bin Khattab dengan persetujuan Usman bin Affan dan Ali bin Abi Thalib,


Penggunaan penanggalan hijriyah sebagai momen tahun baru Islam adalah dengan ditetapkannya tahun 622 Masehi (hijrahnya Nabi Muhammad SAW) sebagai tahun pertama kalender hijriyah.



Dengan bahasa yang kocak, ustad Ristawardi menjelaskan beda penanggalan tahun Masehi dengan tahun Hijriyah. 
Tahun baru hijriyah dalam Islam menjadi salah satu momen penting bagi umat muslim di seluruh dunia.


:Kalender Hijriyah memiliki sistem penanggalan yang berbeda dengan sistem penanggalan dalam kalender Masehi. Sebagaimana kita kenal dan pakai saat ini. Sistem penanggalan dalam kalender hijriyah didasarkan pada perhitungan bulan,” jelas Ristawardi.


Ketua Pengurus Yayasan Syarikat Oesaha (YSO) Adabiah Aristo Munandar mengatakan, momentum tahun baru Islam 1444 Hijriyah kiranya dapat dijadikan pijakan, untuk melangkah lebih baik ke masa depan.


Sebagai pengelola pendidikan, kata Aristo, amanah yang diberikan kepada kita cukup besar tanggung jawabnya. Yakni untuk mencerdaskan anak didik. Sesuai harapan yang dititipkan orang tua anak kepada kita.


“Dalam hal proses mencerdaskan anak bangsa ini, Adabiah telah mengawalinya dengan langkah awal, yakni menjadikan Keislaman sebagai nilai pertama dalam Keadabiahan,” kata Aristo.


Di awal acara, Ketua FG.PAI Adabiah Rahmat Hidayat menyampaikan, menyambut tahun baru   Islam 1444 Hijriyah, FG.PAI menyelenggarakan berbagai lomba  bernuansa Islam yang akan diikuti murid sekolah Adabiah. Kegiatan  akan berlangsung dari 1-15 Agustus 2022. Di antara lomba adalah cerdas cermat bernuansa Islam, MTQ, lomba tahfiz dan lainnya.


Di akhir acara Pengurus YSO Adabiah memberi ucapan selamat kepada dua orang murid sekolah Adabiah yang berhasil meraih prestasi dalam MTQ ke 40 Kota Padang. Kedua murid masing-masing Adskhan Fadhiilah Khairi, murid TK Adabiah yang berhasil meraih juara 1 tilawah tingkat TK dan Khaila Almira Maridza juara 2 tilawah putri  tingkat SD. (ak).

Tag Terpopuler

×
Berita Terbaru Update