Notification

×

Indeks Berita

4 Penyakit Komplikasi Cacar Monyet yang Wajib Diwaspadai

Kamis, 25 Agustus 2022 | Agustus 25, 2022 WIB Last Updated 2022-08-25T03:25:14Z




lustrasi. Masyarakat perlu tahu tentang apakah cacar monyet dapat disembuhkan atau tidak. (iStockphoto/Kameleon007)




padanginfo.com-JAKARTA-- Cacar monyet teridentifikasi di Indonesia. Selain itu, ada juga penyakit komplikasi cacar monyet.


Menkes Budi Gunadi Sadikin memprediksi cacar monyet tidak akan mengakibatkan situasi fatal atau kematian. Meski demikian ada kemungkinan komplikasi penyakit yang terjadi, sama seperti covid-19.

Menurut Prasetyadi Mawardi, dokter spesialis kulit dan kelamin-konsultan, komplikasi cacar monyet bisa menyerang ke berbagai area tubuh atau organ. Namun komplikasi paling awal bisa muncul di kulit.

Berikut penyakit komplikasi cacar monyet yang perlu diwaspadai.

1. Ruam kulit

Komplikasi awal akan muncul di seputaran kulit berupa infeksi kulit sekunder atau ruam. Ruam akan muncul pada wajah dan tangan serta anggota gerak tubuh bagian atas.


2. Radang paru

Dari kulit, komplikasi bisa berlanjut ke area pernapasan. Penyakit komplikasi cacar monyet bisa berupa pneumonia atau radang paru.

Studi menemukan virus cacar monyet akan meningkatkan suatu jenis protein yang berhubungan dengan peradangan berat pada paru. Saat jumlah protein melonjak, jaringan paru akan membengkak dan terlubrikasi. Studi lain yang diterbitkan Molecular & Cellular Proteomics juga menemukan hal serupa. Cacar monyet bisa memicu peradangan paru berat.


3. Radang otak

Ensefalitis atau radang otak juga merupakan komplikasi cacar monyet yang ditakuti. Seperti dilansir dari Mayo Clinic, radang otak bisa muncul tanpa gejala atau diawali gejala mirip flu ringan misalnya, sakit kepala dan demam.


Saat gejala makin berat, pasien akan mengalami kebingungan, kejang atau masalah gerakan, masalah penglihatan dan pendengaran.



4. Sepsis

Puncak dari komplikasi cacar monyet adalah sepsis. Sepsis merupakan respons ekstrem tubuh terhadap infeksi. Sepsis akan memicu kerusakan jaringan, kegagalan organ dan kematian.


Sepsis hingga kematian jadi penyakit komplikasi cacar monyet paling serius. Sangat penting untuk meningkatkan kewaspadaan guna mencegah penularan.


Menurut Prasetyadi, kunci pencegahan cacar monyet ada pada PHBS atau Perilaku Hidup Bersih Sehat. PHBS antara lain, mencuci tangan, menjaga kebersihan makanan, serta memasak bahan pangan hingga matang. (CNNIndonesia)


Tag Terpopuler

×
Berita Terbaru Update