Notification

×

Indeks Berita


Ketua DPRD Sumbar: Malu Kita, Tol Pekanbaru Sudah Selesai

Senin, 29 Agustus 2022 | Agustus 29, 2022 WIB Last Updated 2022-08-29T05:55:23Z

 



Ketua DPRD Sumbar Supardi. Foto.dok

padanginfo.com
-PADANG-Ketua DPRD Sumbar Supardi mengaku, kita malu terkait pembangunan tol seksi Padang -Sisincin yang lamban dalam pengerjaannya. “Ini sangat memalukan. Riau (Pekanbaru- Padang-red) saja sudah selesai dengan tolnya, kita baru akan mulai. Sementara hari demi hari, waktu pemerintah provinsi lebih banyak dihabiskan dengan rapat-rapat dibanding mengambil keputusan,” ujar Supardi, Sabtu (27/8/2022)


Ia mengingatkan, gubernur punya kewajiban mengamankan pembangunan agar berjalan lancar. Sedangkan DPRD secara kewenangan sudah berkali-kali mengingatkan gubernur supaya melakukan mengintervensi. Sebab, imbuhnya, konteks pembebasan lahan ini sangat komplek karena melibatkan banyak oknum yang mengaku sebagai pemilik lahan.


Supardi menegaskan, Pemprov Sumbar harusnya malu dengan lambatnya proses pembebasan lahan dalam pembangunan jalan tol Padang-Pekanbaru karena di provinsi lain, pembangunan tol umumnya sudah tuntas.


“Sementara di Sumbar masalah lahan saja tak kunjung selesai,” ujarnya.


Supardi melanjutkan, baru-baru ini Presiden Jokowi baru saja mengumumkan daerah-daerah dengan inflasi tertinggi di Indonesia. Dalam hal ini, inflasi Sumbar tercatat berada pada posisi tertinggi kedua nasional, mencapai 8,01 persen secara tahunan.


Jika pembangunan jalan tol masih gagal dilanjutkan sementara provinsi lain sudah memiliki tol, ia melihat ancaman inflasi Sumbar akan semakin tinggi karena mahalnya biaya transportasi juga akan menyebabkan mahal dan tingginya kebutuhan pokok.


“Kalau sempat tol ini tidak dibangun, habislah Sumbar,” cetusnya.


Terkait pembangunan jalan Tol Padang - Pekanbaru, ia menyebut anggota Komisi VI DPR RI Andre Rosiade telah memperjuangkan Rp30 triliun anggaran untuk kelanjutan pembangunan jalan tol itu.


“Jadi, tinggal keseriusan gubernur agar masalah lahan segera dituntaskan,” pungkasnya. (in)

Tag Terpopuler

×
Berita Terbaru Update